√ 5+ Kelebihan dan Kekurangan pada Hosting Murah vs Hosting Gratis - Ilhamsadli.com

5+ Kelebihan dan Kekurangan pada Hosting Murah vs Hosting Gratis

Ilhamsadli.com,- Ketika akan membuat sebuah website yang dapat diakses secara online, tentu saja Anda memerlukan platform berupa hosting. Walau pada dasarnya, tanpa hosting pun Anda sudah mampu membuat website dan dapat dijangkau oleh pengguna internet. Beberapa layanan yang menyajikan platform tersebut secara cuma-cuma, di antaranya seperti Blogger dan WordPress.

Kelebihan dan Kekurangan pada Hosting Murah vs Hosting Gratis

Kedua platform tersebut memungkinkan siapapun untuk memiliki website tanpa perlu mengeluarkan uang untuk hosting dan domain. Akan tetapi, tidak ada layanan bebas biaya yang memberikan seluruh fitur optimal untuk mendukung kebutuhan website penggunanya.

Bagi pengguna yang ingin membuat website dengan fitur lebih komprehensif dibandingkan adalah dengan menggunakan layanan hosting murah. Ada berbagai jenis layanan hosting murah yang bisa dimanfaatkan sebagai platform website yang Anda kelola, contohnya seperti shared hosting untuk kebutuhan blog maupun website bisnis.

Perbedaan Hosting Murah dan Gratis: Kelebihan dan Kekurangannya

Ketika berbicara mengenai hosting, setiap pengguna tentu memiliki kebutuhan yang beragam. Sebagai contoh, untuk website uji coba yang digunakan dalam proses pembelajaran pembuatan web, hosting gratis sudah memadai. Namun, situasinya berbeda ketika website akan digunakan untuk tujuan profesional, terutama dalam menjalankan bisnis online. Pada kasus ini, hosting murah menjadi pilihan yang lebih tepat.

Adapun perbedaan antara hosting gratis dan murah dapat dilihat dari beberapa aspek, diantaranya:

Kualitas dan Performa Server

Jenis layanan hosting murah juga menyediakan opsi paket server yang beragam, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. Tidak demikian dengan hosting gratis yang membatasi penggunaan bandwidth dan kecepatan web. Hosting murah memberikan beberapa keuntungan, termasuk spesifikasi lokasi server yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Jumlah Disk Space dan Bandwidth

Perbedaan lainnya terdapat pada disk space dan bandwidth. Hosting murah menawarkan ruang penyimpanan dan bandwidth sesuai dengan paket yang dibeli, serta memberikan fleksibilitas untuk melakukan upgrade atau downgrade paket sesuai kebutuhan. Sedangkan hosting gratis memiliki keterbatasan pada ruang penyimpanan dan bandwidth, sehingga menyebabkan sulitnya akses website jika batas yang ditentukan terlampaui.

Variasi Fitur dan Tools

Hosting gratis memiliki fitur dan tools yang terbatas, sehingga bisa menjadi faktor penghambat dalam mengoptimalkan pengelolaan website. Sebaliknya, hosting murah menawarkan berbagai fitur dan tools, termasuk plugin, webmaster tools, shopping cart, dan lainnya. Jika Anda menginginkan lebih dari sekadar fitur standar yang terbatas, hosting murah bisa menjadi pilihan yang memadai.

Peringkat pada Hasil Pencarian

Penggunaan hosting gratis memang bisa dioptimalkan untuk mendapatkan peringkat atas di mesin pencarian. Namun, ketersediaan tools dan fitur yang terbatas membuatnya kurang dapat diandalkan apabila pemilik website ingin melakukan instalasi plugin untuk mengoptimasinya tanpa memakan waktu yang lama.

Hal ini bisa dihindari dengan penggunaan hosting murah yang menyediakan berbagai opsi plugin untuk optimasi website. Dengan plugin dan teknik SEO yang tepat, pemilik website berpeluang mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Aspek Keamanan Data

Keamanan merupakan aspek krusial, terutama untuk website yang melibatkan transaksi. Pada hosting murah, tingkat keamanan lebih tinggi, memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa transaksi mereka aman dari resiko karena terdapat berbagai plugin tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk menjamin keamanan data di dalamnya. Sebaliknya, hosting gratis hanya menyediakan keamanan dasar, sehingga website yang dikelola lebih rentan terhadap serangan peretas.

Ketersediaan Dukungan Teknis

Berbeda dengan hosting gratis yang memiliki keterbatasan, layanan hosting murah menawarkan berbagai paket sehingga klien dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. Ketika server mengalami gangguan, cukup hubungi penyedia hosting untuk meminta bantuan dari tim ahli untuk menyelesaikannya.

Kesimpulan

Ketika harus memutuskan apakah hosting gratis lebih unggul daripada hosting murah, atau sebaliknya, keputusan tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu. Dengan sejumlah perbedaan antara hosting gratis dan murah, kita dapat menilai opsi mana yang lebih sesuai.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan hosting murah seperti jenis shared hosting, pastikan untuk memilih layanan berkualitas seperti DomaiNesia. Setiap pembelian hosting di DomaiNesia dilengkapi dengan domain dan SSL gratis serta dukungan teknis dari customer support, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan akses website Anda.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "5+ Kelebihan dan Kekurangan pada Hosting Murah vs Hosting Gratis"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink