√ 8 Manfaat QRIS untuk Customer dalam Transaksi Pembelian - Ilhamsadli.com

8 Manfaat QRIS untuk Customer dalam Transaksi Pembelian

Ilhamsadli.com,- Saat ini semakin banyak kemudahan yang bisa dirasakan dalam melakukan transaksi keuangan. Salah satunya adalah QRIS, sebuah teknologi yang memanfaatkan QR Code untuk bertransaksi finansial. Teknologi pembayaran QRIS memungkinkan kamu tetap bisa berbelanja meskipun tidak membawa uang cash. Jadi teknologi pembayaran berbasis digital ini memang memberikan kemudahan dalam transaksi pembelian.

8 Manfaat QRIS untuk Customer dalam Transaksi Pembelian

Tidak hanya bagi konsumen, teknologi ini ternyata juga memberikan banyak manfaat untuk dunia bisnis. Para pelaku usaha diuntungkan dengan adanya sistem pembayaran digital yang satu ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang teknologi ini dan manfaatnya bagi konsumen, silahkan simak ulasannya berikut!

QRIS Digunakan Sebagai Standar Pembayaran

QRIS sudah menjadi standar teknologi pembayaran digital melalui aplikasi keuangan yang berbasis server, dompet elektronik atau mobile banking. Setiap penyelenggara jasa pembayaran wajib menggunakannya sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh Bank Sentral yaitu BI.

QR Indonesian Standard sudah dirancang sesuai dengan standar internasional EMVCo, sebuah lembaga yang memang mengatur standar pembayaran dengan menggunakan QR Code. Ini dilakukan untuk mempermudah transaksi pembayaran melalui berbagai platform serta menyeragamkan QR yang digunakan.

8 Manfaat QRIS untuk Customer dalam Transaksi Pembelian

Selain memang mengusung keunggulan yang praktis dan cepat, pengguna metode pembayaran ini untuk transaksi sehari-hari juga akan mendapatkan banyak manfaat. Berikut ini manfaat yang bisa kamu rasakan jika menggunakan metode pembayaran berbasis QR code ini:

Belanja dengan QRIS
source: Freepik.com

1. Cepat Mudah Praktis

Kamu pasti pernah mengalami antri di kasir atau menunggu lama gara-gara pelanggan kelamaan menghitung uang cash untuk melakukan pembayaran. Hal ini tidak perlu terjadi lagi jika kamu melakukan pembayaran dengan menggunakan QR, karena kamu tinggal scan kode QR merchant kemudian kamu lakukan pembayaran. Belanja jadi lebih cepat, mudah dan praktis, dengan metode pembayaran ini tidak perlu lagi harus mengantri lama di depan kasir.

2. Keamanan Menjadi Prioritas

Keamanan memang hal yang paling penting dalam sebuah transaksi keuangan. Jika kamu menggunakan sistem pembayaran dengan QR ini maka transaksi keuangan yang dilakukan akan terjamin keamanannya, karena data pembayaran akan terlindungi. Selain itu terdapat fitur keamanan tambahan seperti PIN atau sidik jari yang semakin meningkatkan keamanan dalam bertransaksi.

3. Riwayat Transaksi Mudah Dicari

Semua pembayaran yang dilakukan akan terekam dalam riwayat transaksi. Setiap kamu melakukan pembayaran semua akan tercatat detail jumlah dan waktunya, sehingga kamu akan lebih mudah untuk melakukan pencatatan keuangan. Ini akan sangat membantu dalam melakukan pengelolaan keuangan pribadi. Kamu bisa melakukan pengecekan pengeluaran dan untuk apa saja pengeluaran tersebut dengan cepat dan mudah.

4. Banyak Promo, Bonus dan Diskon

Banyak merchant yang menawarkan promo dan diskon pada pengguna yang melakukan pembayaran menggunakan QR code. Jadi tidak ada salahnya mengejar bonus dan promo yang ditawarkan untuk melakukan penghematan. Sebelum melakukan pembayaran selalu tanyakan promo dan potongan apa yang ditawarkan lewat pembayaran ini. Hal ini bisa jadi langkah cerdas dalam penghematan pengeluaran.

5. Ramah Lingkungan

Membayar menggunakan sistem QR code tentu saja lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan uang cash karena paperless. Kamu tidak membutuhkan uang kertas lagi untuk melakukan pembayaran, sehingga akan memberikan dampak positif terhadap lingkungan hidup. Melakukan pembayaran dengan QRIS maka artinya kamu ikut serta dalam mengurangi penggunaan kertas dan penebangan pohon.

6. Keamanan Transaksi Terjamin

Penggunaan sistem pembayaran ini akan memberikan keamanan kepada konsumen dan penjual sekaligus. Pembayaran yang dilakukan konsumen akan otomatis masuk ke dalam rekening penjual, sehingga tidak akan ada celah untuk melakukan penipuan. Selain itu bagi konsumen, ada kode persetujuan sebelum melakukan transfer saldo sehingga akan memberikan rasa aman kepada konsumen.

7. Tidak Perlu Membawa Uang Tunai

Dengan adanya teknologi pembayaran non cash yang satu ini, akan menambah pilihan metode pembayaran cashless. Jadi kamu tidak perlu repot lagi untuk membawa uang cash atau harus mengambil uang tunai dulu ke ATM sebelum berbelanja. Pembayaran bisa dilakukan asalkan kamu membawa smartphone yang dapat digunakan untuk memindai QR code, lalu klik untuk membayar, sehingga tidak perlu lagi repot membawa uang tunai di dalam dompet.

8. Meminimalisir Kontak

Saat ini dunia sedang tidak baik-baik saja, sejak adanya covid keadaan kesehatan dunia masih belum pulih sepenuhnya. Seluruh penduduk bumi harus tetap melakukan protokol kesehatan agar tidak terpapar virus apapun demi menjaga kesehatan. Metode pembayaran berbasis QR code ini mendukung kamu mentaati prokes, karena dapat meminimalisir kontak sehingga lebih higienis.

Banyak sekali memang manfaat yang bisa dirasakan konsumen saat menggunakan QRIS untuk bertransaksi keuangan. Pengalaman berbelanja akan lebih menyenangkan dengan memanfaatkan metode pembayaran berbasis digital yang satu ini. Proses pembayaran akan terasa lebih mudah dan anti ribet karena cukup memindai QR Code merchant, klik dan bayar.

Gunakan metode pembayaran QRIS dengan limit 10 juta per transaksi per hari, sehingga belanja akan lebih mudah. Bayar sat set pakai digibank QRIS dan nikmati promo menarik yang ditawarkan berbagai merchant pilihan para pengguna. Ingin merasakan kemudahan pembayaran saat berbelanja menggunakan sistem pembayaran by QR code ini? Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "8 Manfaat QRIS untuk Customer dalam Transaksi Pembelian"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink