Panduan Memilih HRIS Software untuk Perusahaan

Ilhamsadli.com,- HRIS Software adalah sebuah perangkat lunak yang mampu menyederhanakan pekerjaan inti HRD seperti penggajian, rekrutmen, penilaian kinerja, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan software, HRD dapat mengerjakan tugas administrasi lebih cepat dan akurat dibandingkan cara manual yang memakan waktu lama.

Alhasil, HRD punya waktu lebih untuk memfokuskan kepada kegiatan yang membutuhkan strategi mendalam seperti meningkatkan engagement karyawan dan mempertahankan talenta terbaik. Oleh sebab itu kini penggunaan HRIS mulai dilirik berbagai macam perusahaan supaya kinerja HRD dapat meningkat pesat.

Panduan Memilih HRIS Software

Bagaimana cara memilih HRIS Software yang pas untuk perusahaan Anda? Simak panduan singkat berikut ini!

Lakukan Riset Internal Perusahaan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset internal perusahaan. Apa masalah yang perusahaan Anda hadapi? Bagaimana cara penyelesaiannya selama ini? Riset internal yang mendalam dapat menentukan seberapa besar dan urgent masalah yang ada. Anda juga dapat mengajak pihak tertentu dalam perusahaan seperti manajer dan HRD yang lebih sering berinteraksi langsung dengan kinerja karyawan.

Konsultasi dengan Pihak Vendor

Setelah mengetahui masalah yang dihadapi oleh perusahaan, Anda dapat berkonsultasi dengan pihak vendor. Dalam sesi konsultasi juga bisasanya pihak vendor akan menjelaskan modul apa yang cocok untuk mengatasi masalah perusahaan Anda. Sehingga Anda pun hanya menggunakan produk yang benar-benar dibutuhkan.

Sesuaikan Anggaran

Selanjutnya Anda harus mencari tahu mengenai harga software HRIS yang ditawarkan oleh vendor. Perlu juga untuk memastikan apakah biaya yang diberikan sudah mencakup biaya pemeliharaan atau tidak. Sebab, terdapat beberapa vendor yang hanya menjelaskan mengenai tarif berlangganan tanpa menjabarkan rincian biaya lain. Jangan sampai biaya yang ditawarkan ternyata di luar dari anggaran perusahaan.

Pahami Fitur dan Tampilan

Tujuan utama dari menggunakan software adalah mempermudah kegiatan. Jadi, semua fitur dan tampilan yang tersedia di HRIS Software haruslah mudah dimengerti.

Anda dapat meminta demo atau uji coba software terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih software tersebut. Sehingga Anda dapat menilai apakah software yang ditawarkan pihak vendor cukup mudah digunakan dan fiturnya lengkap atau tidak.

Pertimbangkan Testimonial Client Lain

Testimonial dari client lain tak kalah penting. Semakin bagus testimonial para client, semakin bagus pula kualitas dari vendor tersebut. LinovHR adalah salah satu vendor HRIS Software yang sudah dikenal berbagai macam perusahaan. Hal ini dikarenakan LinovHR sudah berpengalaman di bidang pengembangan software untuk membantu pengembangan kinerja HRD.

Memilih software yang tepat bagi perusahaan Anda tidak akan mudah. Ada berbagai aspek yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan sebelumnya. Ulasan mengenai panduan singkat di atas dapat Anda jadikan acuan untuk memutuskan HRIS software yang akan Anda pilih. Semoga dapat membantu!

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Memilih HRIS Software untuk Perusahaan"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink