Belajar Sekaligus Membuka Kesempatan Jadi Data Science di Bootcamp Hacktiv8

Ilhamsadli.com,- Ketika semua kemudahan bisa diraih dalam satu genggaman, maka bisa dipastikan bahwa munculnya banyak pekerjaan baru dan berkaitan dengan dunia IT semakin terbuka lebar. Apalagi dengan semakin menjamurnya start up baru yang berisi anak-anak muda dengan kemauan untuk terus berkembang, dan bukan tidak mungkin kemunculan start up ini akan membuat lingkungan baru dalam dunia kerja nantinya.

Bootcamp Hacktiv8

Sekarang pun, ketika generasi baru ditanya mengenai apa impian kedepannya, maka mereka rata-rata akan menjawab seperti “menjadi youtuber, influencer, atau bahkan menjadi karyawan di marketplace atau start up lainnya” Dan penting untuk diketahui bahwasanya tidak perlu latar belakang pendidikan sebagai anak IT untuk bisa masuk dalam jajaran pekerjaan keren yang tadi menjadi impian para anak muda jaman now. Kini sudah tersedia banyak platform serta pelatihan seperti kursus full stack developer, kursus data science hingga sekolah coding dalam Bootcamp Hacktiv8.

Belajar Pemrograman Python

Kalau bicara soal bahasa pemrograman, sebenarnya aku adalah anak Elektro yang setidaknya punya dasar-dasar pemrograman dalam mata kuliah smester awal. Meskipun mungkin bukan pemrograman yang berat, karena hanya sebatas bahasa C dan merujuk pada sistem kontrol saja. Tetapi pada perjalannya, banyak hal yang harus dipelajari untuk bahasa pemrograman ini. 

Salah satunya adalah bahasa pemrograman seperti Java dan HTML, bukan karena iseng tetapi smeseter 3 sempat diminta menjadi developer sebuah sistem absensi berbasis database dan html untuk mahasiswa baru ketika menjadi panitia ospek.

Karena ketika itu hanya belajar sedikit tentang bahasa pemrograman, maka beberapa refrensi dicari bahkan beberapa literatur mengenai belajar programming untuk pemula dilibas habis. Meskipun pada akhirnya tidak sepintar orang-orang, karena memang butuh pembelajaran yang tidak sebentar untuk bisa mengetahui seluk dan beluk dari dunia pemrograman ini. Karena memang tidak mudah untuk seorang pemula yang belum punya dasar belajar mendalami dunia pemrograman.

Belajar Pemrograman Python

Meskipun bisa dibilang bahwa aku adalah orang yang suka tantangan serta belajar hal baru, namun tetap saja untuk urusan pemrograman ini haruslah menggunakan tahap belajar programming untuk pemula. Karena untuk saat ini tidaklah sulit untuk sekolah coding dari beberapa platform, tinggal lihat bagaimana review kelas tersebut agar lebih meyakinkan.

Banyak hal yang sebenarnya ingin dipelajari di tahun-tahun ini, termasuk di dalamnya adalah belajar pemrograman Python, Delphi hingga mendalami java script. Karena jujur memang kesemua ilmu ini paling banyak dibutuhkan jika dalam lingkaran dunia kerja dan start up.

Belajar Programming untuk Pemula

Untuk seorang pemula tentu akan lebih membutuhkan effort lebih jika dibandingkan dengan seorang yang sudah memiliki dasar. Tetapi dengan mengikuti kelas di Bootcamp Hacktiv8 ini siapapun bisa menjadi seorang yang paham dengan dunia programing karena di sekolah coding ini memang dirancang untuk seorang pemula dengan para mentor yang luar biasa. Penjelasannya yang mudah dimengerti serta diberikan arahan dan tugas yang membuat para peserta lebih mudah memahami apa yang sekiranya sedang dipelajari.

Belajar Programming untuk Pemula

Kenapa lebih disarankan ikut kelas dari Hacktiv8, karena ini tentunya berdasarkan review Hacktiv8 dari beberapa peserta yang mengikui kelas di sana. Tidak terkecuali orang-orang terdekat yang menceritakan bagaimana pengalaman mereka mengikuti kursus Full Stack Developer dan merasa puas dengan kelasnya tanpa mengeluhkan mengenai mentor ataupun kelasnya. Dan orang-orang yang memberikan review ini rata-rata memang pemula. Jika pemula saja bisa begitu cepatnya untuk belajar, harusnya tidak ada lagi alasan untuk tidak ikut sekolah coding dari Hacktiv8.

Menjadi Seorang Data Scientist Dengan di Bootcamp Hacktiv8

Untuk menjadi seorang data scientist yang bertugas mengelola data agar mudah dipahami dan dibaca, maka perlu untuk melakukan kursus data science di Bootcamp Hacktiv8. Sebenarnya ada beberapa kelas yang ditawarkan dalam bootcamp Hacktiv8 ini, tetapi aku pribadi tertarik untuk belajar tentang Data Science termasuk di dalamnya nanti adalah belajar pemrograman Python. Kenapa Python? Karena dari banyak bahasa pemrograman, bahasa Phyton terhitung lebih mudah untuk dipelajari, tetapi ini pendapat aku pribadi.

Belajar pemrograman Python untuk pemula tentunya akan berbeda dengan mereka yang sudah mengerti, artinya memang kelasnya dibuat lebih intens jika dibandingkan dengan kelas lainnya. Terlebih karena memang waktu pelaksanaan kelas ini terbilang tidak terlalu lama.

Kurikulum Kursus Data Science

Jika bicara tentang kursus data science, tentunya banyak hal yang pada akhirnya dipelajari dan diperhatikan. Termasuk di dalamnya adalah kurikulum yang dipejari nantinya untuk menjadi seorang Data Scientist. Nah, khusus untuk kurikulum kelas data science inisebenarnya menggunakan 2 platform ketika berlangsung kursusnya. Diantaranya adalah Zoom dan Discord.

kursus data science

Untuk kelasnya sendiri sebenarnya dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB dan berlangsung selama 3 hari dalam sepekan. Sebenarnya ada juga yang berlangsung selama sebulan penuh, tergantung seberapa padat bahasan yang akan dipelajari dalam kelas tersebut. Tetapi yang menjadi nilai plusnya adalah, para peserta bisa dikatakan bisa lebih santai karena memang kelasnya berlangsung santai dan tidak terlalu kaku seperti kelas-kelas pada umumnya.

Karena tujuan kursus data science ini bisa digolongkan sebagai coding bootcamp terbaik dengan konsep yang detail dan terstruktur. Artinya memang semuanya disiapkan agar para peserta lebih mudah dalam memahami kelas atau materi yang disampaikan. Mungkin terstrukturnya kurikulum dari masing-masing kelas ini menjadi alasan kenapa review Hacktiv8 dengan kelas-kelas yang diadakan mendapat nilai yang terbilang tinggi.

Apalagi memang kursus dari rangkaian bootcamp Hacktiv8 ini dirancang untuk mencetak lulusan dengan skill yang mempuni dalam bidang pemrograman termasuk data science ini. Durasi belajar pendek memang bisa mencetak lulusan terbaik? Dengan berani aku akan bilang bahwa tetap ada kemungkinan untuk menghadirkan para pakar baru. Terlebih lagi pada beberapa sesi di bagian akhir disampaikan mengenai bagaimana mengembangkan Growth Mindset untuk perkembangan karir nantinya.

Dukungan Karir Nantinya di Dunia Kerja

Untuk kelas intens tentang data science, dilakukan secara detail dan mendalam selama beberapa hari terlebih dahulu termasuk live code untuk melatih para peserta kelas. Beberapa bekal yang diberikan kepada peserta dan disampaikan oleh beberapa mentor diantaranya adalah sebagai berikut

Pengenalan Tipe Data, Variabel, dan Operasi pada Pemrograman Python

Pada sesi yang pertama, para peserta kelas diperkenalkan secara dasar mengenai pemrograman python. Tentunya ini bagi orang awam mengenai bahasa pemrograman ini akan sedikit sulit dan bisa saja menjadi penyegaran ingat untuk yang sudah mengerti pemrograman. Pada sesi ini, mas Fahmi menjadi mentornya yang kemudian memperkenalkan tipe data yang digunakan dalam python. Kemudian diperkenalkan juga mengenai variabel dan operasi yang bisa dibuat dalam bahasa pemrograman python.

Jika dikilas secara umum , mentor dalam hal ini mas Fahmi begitu detail menjelaskan dasar bahasa pemrograman ini. Dengan cara ini kemudian orang yang baru belajar pemrograman saja tidak perlu terlalu risau, karena semuanya akan dituntun dengan baik agar semua siswa bisa mengenal dasar-dasar bahasa pemrograman python.

Visualisasi Data

Pada pertemuan yang ini, semua peserta diajarkan bagaimana memvisualisasikan data mentah menjadi data yang mudah dipahami. Karena kembali lagi bahwa seorang data scientist pastinya tidak akan pernah lepas dari bagaimana proses pengolahan data menggunakan python tentunya. 

Pengenalan Streamlit

Streamlit adalah salah satu  framework berbasis Python dan memiliki sifat open-source dan dibuat untuk memudahkan ketika proses membuat dan pengembangan apikasi web di bidang sains data dan machine learning yang interaktif. Untuk sesi ini dipandu oleh mas Raka selaku mentornya. Untuk Streamlit ini sebenarnya bisa dikatakan membuat website akan tetapi tidak membutuhkan coding html, java, maupun CSS.

Meskipun tidak membutuhkan coding html, css, dan javascript yang notabene sangat diperlukan ketika membuat website, framework streamlit ini cukup ampuh ketika akan memvisualkan sebuah data dengan menampilkan chart dan diagram sesuai dengan sheet yang ada. Ribuan data bahkan ratusan akan dengan mudah divisualisasikan dengan menggunakan streamlit di python ini.

CV dan Resume

Nah, untuk CV dan Resume ini sebenarnya masih banyak yang keliru mengenai perbedaan antara CV dengan Resume. Mungkin sekilasnya sama, tetapi sebenarnya fungsi dan tujuannya yang berbeda. Dan CV maupun Resume ini merupakan hal yang penting untuk seorang yang nantinya akan bekerja atau masuk dalam ruang lingkup industrial.

Interview Coaching

Setelah melakukan dan pengerjaan tugas, akan ada sesi interview hingga presentasi mengenai hasil tugas yang diberikan. Tentunya hal ini untuk melatih seorang data science dalam menghadapi klien dalam dunia industrial nantinya.

Buddy System

Tidak hanya interview, tetapi ada juga sesi diskusi antar peserta, ini tujuannya adalah agar terbiasa kerja dalam tim serta menemukan solusi dari sebuah masalah secara bersama. Karena dalam dunia kerja, pasti seorang pekerja akan dihadapkan dengan bagaimana memanage pekerjaan bersama tim.

Career Opportunity

Setelah melakukan ujian atau mengikuti beberapa tugas dalam live code, pada akhirnya beberapa peserta yang memenuhi kriteria ini nantinya akan mendapatkan kesempatan bagus. Kesempatan ini nantinya pasti bisa menjadi sebuah peluang kerja bagi seorang data science. Karena pada dasarnya bootcamp Hacktiv8 ini sebenarnya membuka peluang besar.

Sesi Konsultasi

Setelah kelas berakhir di hari itu, para coaching atau mentor ini kemudian membuka sesi konsultasi mengenai masalah apa yang dihadapi oleh seorang peserta. Ini bertujuan untuk menentukan bagaimana cara mengatur kelas untuk pertemuan berikutnya, sehingga kelas bisa berlangsung lebih kondusif.

Review Hacktiv8

Setelah mengikuti Bootcamp Hacktiv8 selama beberapa hari, pada akhirnya bisa juga menyampaikan sedikit review Hacktiv8 selain juga diambil dari riset beberapa website. Untuk bisa mengikuti bootcamp Hacktiv8 terkhusus kelas Data Science yang tergolong sebagai coding Bootcamp terbaik, beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah berkomitmen, kemudian punya kemauan belajar, memahami bahasa inggris minimal tidak kesulitan mengartikan kalimat, motivasi tinggi dan langsung praktek. Jadi tidak terlalu sulit untuk bisa mengikuti kelas yang diadakan oleh Hacktiv8 ini. Tinggal bagaimana kita siap atau tidaknya mengikuti kelasnya saja.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Belajar Sekaligus Membuka Kesempatan Jadi Data Science di Bootcamp Hacktiv8"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink