Tidak Mengikuti Perkembangan Artinya Siap Dilibas

Ilhamsadli.com,- Tidak mengikuti perkembangan artinya siap dilibas. Sebuah kalimat yang selalu aku gaung-gaungkan dalam otak, ketika banyak yang masih menganggap tidak perlu punya media sosial dan seterusnya. Padahal ini menjadi sebuah alat yang bagus untuk berbagi. Jangan menganggap media sosial atau sejenisnya hanya untuk pamer, tetapi pandanglah sesuatu itu berdasarkan sudut pandang positifnya. 

Bahasan ini sebenarnya adalah lanjutan dari apa yang pernah aku tulis mengenai senioritas dalam organisasi dan komunitas. Karena ternyata banyak hal yang aku temukan di dalamnya, termasuk tentang tidak inginnya mengikuti perkembangan. Sebut saja, mengenai perkembangan dunia blog. Masih banyak yang berpikiran bahwa blogwalking tujuannya adalah untuk menambah backlink atau sekadar mencari pageview sehingga tidak mengindahkan artikel yang dibaca. 
Tidak Mengikuti Perkembangan Artinya Siap Dilibas

Tidak Mengikuti Perkembangan Maka Siap Disalip Pemula

Beberapa bulan yang lalu, ketika aku mencoba dunia PODCAST. Masih banyak yang menganggap bahwa PODCAST belum ada artinya dan hanya sebuah hiburan anak muda. Tetapi kemudian mereka para senior yang pandai melihat peluang menjadikan munculnya trend ini sebagai langkah untuk tetap eksis. Meskipun memang tidak banyak yang bisa bertahan lama, tetapi setidaknya sudah meninggalkan jejak dan mencoba hal baru. 

Lalu bagaimana mereka yang tidak mencobanya? Ya mungkin sekarang masih tidak apa-apa, tetapi ketika akhirnya nanti perlahan matanya terbuka. Maka akan muncul kalimat “wah, ternyata bagus juga ya. Andaikan saja dulu aku ikutan, pasti tidak akan tertinggal jauh seperti ini.” Namun yang perlu disadari bahwa yang namanya penyesalan selalu datang terlambat, karena jika datang duluan itu namanya pendaftaran. 

Sebut saja, beberapa blogger senior yang sudah sejak lama bergelut dengan dunia blogging tetapi stagnan disitu saja tanpa memperlihatkan petumbuhan yang baik. Tentunya akan berbanding terbalik dengan para pemula yang punya keingintahuan tinggi hingga akhirnya apa yang ada dalam otak pemula tadi sudah setara bahkan jauh lebih luas daripada senior yang tidak mengikuti perkembangan. 

Karir Kok Bisa Melejit Sih?

Banyak yang tanya kepadaku tentang karir yang menurut padangan mereka-mereka sangat pesat perkembangannya. Padahal bisa dikatakan bahwa aku mulai menulis di blog dengan serius itu sejak 2017 akhir, itupun atas dorongan Kang Ali Muakhir dan teman-teman dalam komunitas. Alhamdulillaha akhirnya bisa sampai sekarang bertahan dan seperti melejit saja di pandangan orang. 

Kenapa bisa demikian? Mungkin jika dilihat dari sudut padangku pribadi, semuanya dikarenakan aku adalah pribadi yang ingin tahu dan mencoba banyak hal. Mulai dari mencoba melakukan oprek pada tamplate free dan sudah seperti premium karena bisa terus bersaing soal speed dan SEO. Padahal aku tidak memiliki latar belakang anak IT, hanya punya latar belakang anak Elektro saja. Namun rasa penasaran dan selalu mencoba inilah akhirnya bisa berkembang sejauh ini. 

Lalu mengenai performa blog, semuanya tidak terlepas dari sebuah eksperimen sendiri sebenarnya. Mencoba mencari refrensi terbaru, kemudian mencobanya langsung tanpa harus mengumpulkan materinya. Karena tanpa action, materi hanya seperti embun yang menguap ketika mentari datang menyapa. 

Lalu tentang blog sendiri, jujur aku hampir mengenal banyak orang-orang besar, meskipun tidak terlalu akrab tetapi setidaknya menyimpan nomornya dan sering berbalas status. Tentang beberapa kali mendapatkan japrian atau sekadar email tawaran kerjasama, semuanya tidak lepas dari sok kenal dan aktif di beberapa sosmed ketika ada yang seru untuk dibahas. Alhasil alhamdulillah selalu ada yang masuk ke rekening meskipun tidak banyak. 

Kemudian followers twitter yang naik drastis menjadi sorotan pula. Bukan karena apa, tetapi karena telaten dan sabar saja hingga bisa mencapai angka itu. Kemudian impressi yang besar, semuanya kembali lagi tidak terlepas dari seberapa militanku hadir di jagat twitter. Hadir dengan nama yang unik dan konten yang khas. Dan yang mungkin orang lain tidak tahu adalah adanya orang-orang hebat yang mendukung dan mendorongku untuk terus berkembang hingga seperti sekarang ini. Mereka orang-orang keren, karena tidak banyak yang ingin namanya di publis dan tetap ada di balik layar saja. 

Dan untukmu sekalian, baik dalam dunia blogging atau dunia kepenulisan. Satu hal penting bahwa ketika tidak mampu mengikuti perkembangan yang ada, maka siap-siap untuk terlibas habis atau bahkan tertinggal terlalu jauh. 

#inspirasiramadan 
#dirumahaja 
#flpsurabaya 
#BERSEMADI_HARIKE-11
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

2 Komentar untuk "Tidak Mengikuti Perkembangan Artinya Siap Dilibas"

  1. Sepakat, mas. Kita memang harus selalu mencoba hal baru agar bisa maju. Apalagi yang berkaitan dengan teknilogi, semua akan terus maju dan berkembang. Terimakasih sharingnya.

    BalasHapus
  2. Betul banget, kalau ga mau belajar ya bakal disalip dan dilibas kompetitor. Buzzer semakin banyak, kalau tak ada diferensiasi, ya sulit berkembang.

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel