Tentang Eksistensi Di Dunia Maya

Ilhamsadli.com,- Eksistensi di dunia maya adalah satu bagian yang sulit untuk dilepaskan apabila telah memilih jalan untuk bekerja dalam industri digital. Aku menyebutnya sebagai industri digital untuk lebih keren saja, karena dunia digital nampaknya kurang hits untuk kata-katanya. Dunia maya adalah dunia dimana saling kenal tanpa harus bertemu, melakukan transaksi hanya bermodalkan saling percaya, hinga saling belajar karena saling yakin bahwa bisa tumbuh bersama.

Menjadi seseorang yang bekerja dalam industri digital seperti content writer, conten creator, buzzer, blogger, influencer, atau apapun namanya tentu tidak akan lepas dari dunia maya. Pekerjaan di dunia industri digital ini seakan satu aliran darah dengan yang namanya dunia maya. Tetapi apakah hanya blogger, conten creator, influncer atau buzzer saja yang bisa eksis di dunia maya? Ternyata tidak demikian, karena semua orang bisa eksis termasuk penulis.
Tentang  Eksistensi Di Dunia Maya

Blogger dan Media Sosial

Pernah dengar seorang blogger yang bisa dibilang sangat eksis di media sosial? Mungkin tidak semua jenis media sosial, tetapi biasanya seorang blogger minimal sangat eksis di salah satu jenis media sosial. Ada yang suka menunjukkan eksistensinya di isntagram karena suka foto-foto atau sekadar mendokumentasikan tempat yang pernah dikunjungi. Ada yang suka menunjukkan eksistensinya di jagat twitter karena lebih suka bicara daripada eksis dengan foto. Ada yang suka menunjukkan eksistensinya di Youtube karena suka editing video atau apalah itu namanya.

Mungkin dulu, beberapa blogger masih belum terlalu eksis di dunia maya. Tetapi saat ini, sudah bisa dikatakan bahwa hampir sebagian besar blogger memiliki media sosial. Meskipun setiap pengguna media sosial ini memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang memang bertujuan menunjukkan eksistensinya, hingga ada yang bertujuan untuk membranding blog atau pekerjaannya.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki media sosial atau memilih fokus dengan SEO, SERP, atau sejenisnya? Semuanya boleh saja dan tidak ada masalah. Karena toh itu soal pandangan orang-orang saja, dia berhak menentukan pilihannya. Tetapi untuk sebagian orang, masih tetap mengandalkan media sosial. Misalnya aku mengandalka twitter dan facebook untuk mengenalkan brand atau memperkenalkan diri ke khlayak kalau aku ternyata eksis. Faktanya, sekarang blogger bisa juga menghasilkan bayaran dari media sosial juga. Jadi semuanya bisa menjadi peluang asalkan pandai mengelolanya.

Platform Untuk Menunjukan Eksistensi

“Kak, aku penulis biasa, hanya suka menulis novel atau puisi dan tidak berbakat sebagai blogger, terus bagaimana?”

Nah, ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk tetap bisa eksis di dunia maya. Misalkan suka menulis cerita berseri atau quote, tinggal menggunakan platform kompsiana atau kaskus. Setidaknya pelan-pelan bisa menghasilkan sesuatu dari sana. Minimal menghasilkan nama di pandangan orang lain. Oh ya, aku rangkum saja platform yang bisa digunakan untuk eksitensi di dunia maya ya.

Beberapa platform yang bisa digunakan untuk bisa menunjukkan eksistensi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Blog / Website Pribadi


Blog atau website pribadi ini sangat cocok untuk membranding diri. Salah satunya adalah ketika nama kita disearching suatu saat, yang keluar bukan cuma media sosial tetapi juga beberapa tulisan kita atau eksistensi kita di jagad media digital ini. Memiliki website atau blog pribadi ini juga memiliki banyak manfaat kok, selain suatu saat kita bisa berkesempatan mendapatkan penghasilan dari blog.

2. Wattpad, Storial, Cabaca

Bagi yang tidak bisa menggunakan media sosial atau tidak terbiasa menggunakannya. Mungkin platform ini bisa digunakan sebagai salah satu media untuk bisa tetap menunjukkan eksistensi. Percaya atau tidak, sekarang sudah berkurang orang yang belanja buku bentuk nyata, masih banyak yang lebih nyaman membaca tulisan singkat dan sederhana yang hanya terdiri dari bebrapa karakter saja.

3. Webiste seperti Kompasiana atau Kaskus

Buat yang suka menulis cerita berseri, maka kaskus menjadi pilihan yang tepat tentunya. Karena ada banyak sekali model tulisan yang sifatnya bisa dikatakan tidak terlalu formal. Karena memang awalnya dibuat dahulu untuk platform seru-seruan saja.

Nah, itu semua ulasan sederhaa mengenai eksistensi dunia maya. Semoga bermanfat.
#inspirasiramadan
#dirumahaja
#flpsurabaya
#BERSEMADI_HARIKE-12
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Tentang Eksistensi Di Dunia Maya"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel