√ [Explore Malang] Malam Minggu Di Hotel Riche Haritage Kota Malang - Ilhamsadli.com

[Explore Malang] Malam Minggu Di Hotel Riche Haritage Kota Malang

Ilhamsadli.com,- Banyak yang sering bertanya kenapa beberapa postingan blog masih seputar Explore Kota Malang, bukan Explore Jember atau Explore kampung halaman sendiri. Jadi sebenarnya jawabnya sederhana sekali, karena Malang memiliki banyak kisah yang baru hingga kisah yang perlu untuk dilanjutkan dan berapap itu tidak berakhir seperti kisah-kisah sebelumnya. Karena banyak sekali kisah perjalanan saya ketika explore beberapa kota malah hanya memenuhi galery dan folder image semata.

Saya berharap Malang menjadi sebuah langkah awal untuk kembali mengingat memory tentang kisah perjalanan dahulu yang sempat terekam namun tidak terungkapkan. Dan saya berharap Malang tidak hanya tenggalam dalam galeri tetapi juga bisa ditulis dalam setiap lembaran kisah-kisahnya. Bahkan sudah saya siapkan sebuah tulisan mengenai “Malang Tunggu Aku Kembali”. Termasuk dalam kisah itu adalah pengalaman menginap di Hotel Riche Haritage Malang. Tetapi yang menarik adalah ketika menginap disana, kebetulan malam minggu maka ada banyak hal menarik yang ingin saya bahas disini.

Kembali Lagi ke Kota Malang

Kembali ke Kota Malang bukan tanpa alasan, karena alhamdulillah ternyata ada rejeki untuk hadir dalam sebuah acara yang diadakan Danone Indonesia. Acara yang menurut saya luar biasa keren, karena banyak hal yang akhirnya saya ketahui darisana, terutama semua tentang ilmu menjadi orang tua yang cepat dan tanggap. Mungkin tidak sinkron dengan tema besar blog yang rencana akan saya angkat mengenai travelingnya, tetapi acara Bicara Gizi ini memang penting sekali. Jadi bagaimana? Saya sudah belajar menjadi orang tua yang tanggap, tinggal anda mau tidak untuk dijadikan orang tua untuk anak-anak kita nanti. Hahahahaha…
tampak depan hotel riche
Oke, kembali ke Malang untuk kesekian kalinya. Jika dihitung dengan jari, mungkin ini adalah kali ke-3 saya datang dan bertandang di Malang. Momen kedua ke Malang, saya bisa menikmati beberapa destinasi wisata bersama seseorang. Tetapi kali ketiga ini hanya menikmati suasana hotel dan sedikit mencoba nonton bioskop kala itu. Meski demikian, nampaknya ya cukup untuk dinamakan sebagai explore Malang karena menemukan dua konten bagus mengenai Hotel Riche Haritage Malang dan makan di salah satu resto seafood.

Lokasi Hotel Riche Haritage Malang

Seperti biasanya, karena acara yang akan dihadiri di Malang dimulai pukul 9 pagi di hari Sabtu. Tentu saya yang berasal dari kota Jember harus berangkat h-1 agar tidak terlambat acara, tepatnya hari jumat. Hari jumat dipenuhi dengan berjumpa teman, nonton bareng seseorang sekaligus ketemuan, dan pastinya mencoba menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai.
[Explore Malang] Malam Minggu Di Hotel Riche Haritage Kota Malang

Karena acara yang saya hadiri selesai jam 12 siang, dan jadwal cek in di Hotel Riche Haritage Malang masih satu jam setengah lagi. Sembari menunggu, kami menikmati obrolan mengenai dunia kepenulisan ketika itu. Setelah mendekati jam cek in, barulah saya dan teman-teman menuju lokasi Hotel Riche Haritage Malang. Saya dan teman-teman menuju lokasi Hotel Riche Haritage Malang dengan menggunakan Grab Car waktu itu, kebetulan ada promo dan lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat acara.

Perjalanan hanya menempuh 5 atau 10 menit saja, karena lokasi Hotel Riche Haritage Malang berada di tengah-tengah kota. Lokasi tepatnya ada di samping alun-alun, karena cuku menyebrang saja sudah langsung tiba di alun-alun kota Malang. Kalau dari stasiun, lokasinya juga tidak terlalu jauh, jalan kakipun sebenarnya bisa karena memang lokasinya tidak terlalu jauh.  Karena lokasi Hotel Riche Haritage Malang ini beralamat di Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.01, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119.

Malam Minggu di Hotel Riche Haritage Malang

Tiba di lokasi Hotel Riche Haritage Malang sekitar jam 1 siang, dan sambuta hangat langsung saya temui dengan ramahnya staf dan welcome drink juga. Kalau saya tidak salah ingat, welcome drink kemarin adalah segelas Thai Tea. Sungguh bisa membuat nuansa menjadi sumringah setelah melalui panasanya terik dilaur, meskipun saya waktu itu ada di dalam mobil. Setelah melakukan cek in, lalu saya dan teman-teman menaruh barang masing-masing di Kamar yang sudah disediakan.
[Explore Malang] Malam Minggu Di Hotel Riche Haritage Kota Malang

Ketika itu, kami bersepuluh yang sudah seperti rombongan tour keliling kota Malang. Setelah barang-barang disimpan di kamar, saya dan teman-teman diajak untuk berkeliling melihat suasana dan kamar-kamar hingga fasilitas Hotel Riche Haritage Malang. Sebagai seorang blogger, tentunya masalah seperti tempat-tempat yang instagramable tidak lepas dari sorotan camera saya. Karena memang ada beberapa spot yang bagus untuk foto-foto.

Apalagi didukung dengan gedung dari Hotel Riche Haritage Malang adalah gedung lawas, sehingga ada beberapa spot yang memang masih original. Meskipun ada beberapa yang sudah dilakukan renovasi, tetapi over all tidak merubah bangunan aslinya. Itulah yang menurut saya patut diacungkan jari jempol. Saya dan teman-teman berkeliling Hotel Riche Haritage Malang mulai dari jam 4 hingga ashar selepas istirahat sebentar dan bersih-bersih.

Lalu tiba saatnya malam menjelang, kami menikmati hidangan makan malam berupa mie goreng kalau yang saya makan. Ada juga yang makan nasi goreng dan seterusnya. Saya suka dengan makan malamnya, karena sensasi pedasnya enak dilidah dan cocok dengan yang saya harapkan.

Karena kebetulan malam itu adalah malam minggu, tentunya tidak asyik jika hanya berdiam diri dalam kamar. Sebuah alternatif terbaik yang ditawarkan pihak Hotel Riche Haritage Malang adalah menikmati malam minggu sambil bersantai menikmati secangkir kopi atau segelas minuman di café hotel. Karena Hotel Riche Haritage Malang ini menyediakan café yang lokasinya berada persis di lobby Hotel Riche Haritage Malang dan bersebelahan dengan resepsionis.
[Explore Malang] Malam Minggu Di Hotel Riche Haritage Kota Malang

Suasana romantis dibangun sangat dalam di Hotel Riche Haritage Malang dengan konsep penerangan menggunakan lilin warna – warni yang menurut saya sangat menarik. Meskipun ada lampu lainnya yang juga digunakan, tetapi lampu tersebut adalah lampu kerlap-kerlip warna-warni. Saya lupa berkenalan dengan penyanyi di malam itu, karena setiap malam minggu selalu ada live music. Dua penyanyi yang menurut presiksi saya adalah sahabat dari timur dengan khas suaranya yang merdu membuat saya menerka-nerka.

Sempat juga mencoba menyumbang lagu demi lagu, namun nampaknya dua mas yang memainkan instrumen tersebut susah mengikuti nada suara saya yang tidak beraturan. Tetapi setidaknya suasana hati saya saat itu bahagia, karena kemarin bertemu seseorang dan kemudian malam minggunya mengungkapkan suasana hati dalam sebuah lagu. Meskipun dia tidak mendengar lagunya, setidaknya dia menatap langit yang sama atau merasakan malam yang sama. Sekali lagi terimkasih untuk Hotel Riche Haritage Malang yang memberikan karpet merah untuk saya menyumbangkan sebuah lagu.

Tipe Kamar dan Fasilitas Hotel Riche Haritage Malang

Hampir saja saya lupa menjelaskan mengenai tipe kamar dan fasilitas yang disediakan di Hotel Riche Haritage Malang. Karena siapa tahu suatu saat sahabat berkunjung ke Malang dan membutuhkan penginapan yang lokasinya strategis dengan pusat kota atau stasiun, maka Hotel Riche Haritage Malang bisa menjadi tujuannya.
[Explore Malang] Malam Minggu Di Hotel Riche Haritage Kota Malang

Hotel Riche Haritage Malang menyediakan fasilitas meeting room untuk umum dan layanan Spa bernama Gayatri Spa. Hotel ini mempunyai 52 kamar dengan berbagai tipe yang dilengkapi dengan fasilitas seperto kipas angin atau AC, TV, Sofa, Water heater, hingga furniture pada umumnya. Masing-masing ruangannya lumayan besar, ada 2 bed besar untuk 4 orang atau 1 bed besar dan 1 bed kecil untuk 3 orang.

Untuk yang suka dengan nuansa lawas dan bernostalgia, maka saya rasa Hotel Riche Haritage Malang menjadi pilihan yang cocok. Mengenai sarapan dan seterusnya tidak usah khawatir karena sudah termasuk dalam fasilitas hotel, kecuali kalau sahabat suka makan di jam-jam tertentu.

Seperti yang diungkapkan bu Erlina selaku Koordinator Riche Heritage Hotel “Dengan mempertahankan bentuk bangunan heritage, untuk ke depannya anak-anak kita akan mengerti apa itu arti sejarah dari Riche Heritage Hotel yang bangunannya  peninggalan Belanda dengan nilai arsitektur di era modern. Lokasi yang tepat di jantungnya Kota Malang serta didukung dengan keramahtamahan staff yang friendly."

Informasi lebih lanjut:
Riche Heritage Hotel Malang
Jalan Basuki Rahmat No 1 Malang
Instagram : @hotelriche
Nomor : 0623 41325460

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

23 Komentar untuk "[Explore Malang] Malam Minggu Di Hotel Riche Haritage Kota Malang"

1. Malang selalu ngangenin. Selain udaranya yang sejuk.. Di sana juga banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi.. Sayang sy sudah menetap di Jakarta sejak 10th lalu. Ke Malang pas mudik aja.. :(

BalasHapus
  2. Bangunan kuno hotel riche Malang ini malah membuat hasil foto instagramable banget mas Ilham.
    Ya ampun mas, ilmu bergizi tentang anak sudah mumpuni. Ayo lah tinggal cari ibunya. Wkwkwk

3. Sudah jarang ya bang, hotel lama bangunan Belanda yang masih bertahan sampai sekararang. Btw ada mistis-mistis gitu gak bang di hotel riche haritage ini.?

BalasHapus
  4. Ini kayaknya beneran bangunan lama yang masih tetap dipertahankan ya Mas, sampai sprei kamar juga kayaknya pakai kain batik, hehehe. Bisa jadi alternatif tempat nginep kalau ke Malang.

5. Sesuai namanya yang Haritage, bangunan hotelnya memang klasik ya, Mas Ilham. Dan saya termasuk yang suka dengan bangunan seperti ini. Apalagi kalau ada cerita dibalik bangunan hotel ini.
    Dan ini keren, Mas. Kalau ke suatu daerah memang sebisa maksimal dieksplore. Jadi walau saya belum pernah ke Malang, saya cukup bahagia bisa menikmati kota Malang dari postingan Mas Ilham. Semoga bisa segera ke Malang.

BalasHapus
  6. Iya, lho, banyak bagian dari hotel yang otentik arsitektur kolonialnya. Duh, saya kalau ke sana pasti bakalan menikmati betul. Apalagi jika ownernya suka bicara sejarah. Wuah! Sempurna!
    Dari 52 kamar itu bisa dipesan melalui Airy, ya? Cool! Saya suka Airy.

7. Seru ih, aku suka liat bangunan kolonial begini. Baru liat aja sudah ngebayangin gimana kisah dibalik bangunan itu, apa yang terjadi di dalam sana. pasti seru deh kalau dapat kesempata bisa nginap di bangunan tua seperti ini.

BalasHapus
  8. Malam minggu yg berkesan yaa Mas Ilham. Bs nginap di Riche Heritage Hotel Malang. Gedungnya lawas masih orisinil ya, suasana romantis, ada live music jg plus pegawai²nya ramah². Komplit buanget. Btw, membawakan lagu apa pas nyanyi Mas hehe

9. Nuansa klasiknya dapet banget. Mungkin akan saya kunjungi kalau suatu saat main ke Malang. Judul lagu yang dibawain waktu itu apa mas? :D

10. Apakah hotel ini masuk dalam daftar airy mas? Terus terang saya penyuka nuansa bangunan kolonial, seakan jadi Putri jaman dahulu. Juga kamar-kamar yang didesain dengan sentuhan kayu dan etnik.

BalasHapus
  11. Suasanya gak syerem kah mas?
    Dulu saya dan kelyarga prnh nginep di hotel spt ini, hotel tua bangunannya bangunan belanda, dan kesannya syerem.
    Apa krn saya wkt itu penakut ya?
    Eh skrg juga masih sih... Hihi

BalasHapus
  12. Di Bandung, bangunan model kolonial yang selalu saya sambang adalahrumah kakak bapak di Warung Jambu, rumah adik bapak di Binong, rumah sahabat bapak di Cikawao, dan runah Teteh tiri di Pangandaran. Makanya saya tahu rumah demikian punya semacam ikatan sejarah dan termasuk tahan lama.
    Jadi pengen nginap di hotel dengan konsep bangunan kolonial yang dipertahankan. Jadi pengen ke Malang juga.😍

13. Malang merupakan destinasi wisata yang apik. Boleh juga nih Riche haritage hotel Malang ini untuk dijadikan wishlist saat berkunjung ke kota malang

BalasHapus
  14. Udah malang melintang di kota Malang nih mas Ilham nampaknya. Sudut-sudut kota dan hotel dijelajahi semua dengan ulasan super lengkapnya. Episode selanjutnya apakah masih Malang? heheh

15. Kalau di Bogor, hotel tipikal hotel Riche ini itu hotel Salak. Kalau menginap di hotel ini serem gak sih?

16. waaah malang yg penuh kenangan ^_^ penampilannya mengingatkan pada trocadero, hotel di bandung yg dijadiin judul lagunya potret

BalasHapus
  17. Fasilitasnya lengkap ya Riche hotel ini. Cocok untuk pecinta hotel dengan tampilan klasik. Kemarin pas ke Malang, aku nggak sempet eksplore jauh. Cuma ke bakso president dan kampung pelangi aja

18. Makasih ya mas ulasannya mas mengenai hotel ini. Boleh juga jadi referensi menginal di malang jika suatu saat ada rejekinya berkunjung ke malang...

19. Suka baca reviewnya mas Ilham. Detail banget. Membantu banget nih buat para traveler yang ingin berkunjung ke malang dan butuh review hotel

BalasHapus
  20. Nuansanya bikin saya inget sama rumah nenek dulu nih mas. Hehehe. Hotel sekarang udah banyak yg designya modern kalau mau nostalgia bisa juga nih ya cari model seperti ini hehehe

21. Hotelnya bekas bangunan perusahaan perkebunan bukan ya mas? Mirip mess tua di tempat aku kerja sekarang, hehe.. Malang jadi tujuan wisata harapan aku nih. Banyak kayaknya yang bisa dieksplor disana.

22. Aku salfok sama selimut batik Airy nya hehe bagusssss. Belum pernah aku nginep di hotel tapi selimutnya batik biasanya putih polos gitu.

BalasHapus
  23. Bentuk bangunannya bener-bener kategori heritage ya. Baguus banget nih. Cocok buat pepotoan untuk feed IG. Hehehee... Sayang, kemaren aku ga sempat mampir malang dan beam di sana. Cuma lewat doang huhuhu

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung