Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar Di Rumah

Ilhamsadli.com,- Saat Anda membeli sebuah alat bantu dengar di hearing aid Jakarta atau pusat alat bantu dengar di tempat lain, maka secara langsung Anda juga akan memperoleh layanan after sales, salah satunya yaitu layanan perawatan terhadap alat bantu dengar.
Karena alat bantu dengar melawai merupakan perangkat khusus, maka diperlukan perawatan yang cukup teliti dan menyeluruh agar performanya tetap optimal. Namun, mungkin karena adanya keterbatasan waktu yang Anda miliki, Anda tak bisa selalu mendatangi hearing center untuk melakukan perawatan alat bantu dengar secara berkala. 

Alat-Alat yang Diperlukan untuk Membersihkan Alat Bantu Dengar

1. MultiTool

Alat ini terdiri dari beberapa bagian yang punya fungsi masing-masing untuk membersihkan alat bantu dengar Anda. Bagian-bagian itu antara lain Wire Loop, Magnet, Brush, Handle, dan Cover

2. Brush 

Seperti sikat pada umumnya, sikat alat bantu dengar pun memiliki fungsi utama untuk menyapu kotoran yang menempel di setiap bagian hearing Aid Anda. Namun, sikat ini punya desain khusus dimana bulu-bulu sikatnya berbentuk lembut dan tidak kasar.

3. Wire Loop

Fungsi dari wire loop yaitu untuk membersihkan kotoran yang menyumbat lubang-lubang kecil pada mikrofon alat bantu dengar. Kotoran menyumbat pada lubang-lubang kecil tersebut sehingga dapat menurunkan performa alat. Oleh sebab itu, alat ini sangat berguna untuk membersihkan alat bantu dengar Anda .

4. Magnet

Magnet akan memudahkan lebih memudahkan Anda untuk menahan atau memegang alat bantu dengar agar tak jatuh saat dibersihkan.

Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar Berdasarkan Tipenya

1. Alat bantu dengar tipe In The Ear (ITE)

• Siapkan dahulu tisu kering. Mengingat alat bantu dengar termasuk perangkat elektronik, maka jangan membersihkannya dengan menggunakan cairan baik air maupun alkohol sebab dikhawatirkan hal tersebut akan merusak alat bantu dengar Anda.
• Fokus pada kotoran yang menutupi lubang kecil seperti yang ada pada bagian mikrofon. 
• Gunakan wire loop untuk membersihkan kotoran tersebut.
• Gunakanlah sikat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada badan alat dan penutup baterai.
• Lalu, lap sisa-sisa kotoran yang menempel dengan memakai tissue atau lap kering lain yang bersih.

2. Alat bantu dengar tipe Behind The Ear (BTE)

• Cara membersihkan alat bantu dengar BTE kurang lebih sama dengan alat bantu dengar ITE.  Tetapi, Anda perlu melepaskan ear mould dan tubing dari earhook. 
• Kemudian, bersihkan atau cuci ear mould memakai sabun agar bakteri yang menempel hilang. 
• Lalu, gunakan pengering untuk mengeringkan air yang tertinggal pada tube, atau diamkan di tempat yang aman semalaman hingga kering.

5 Responses to "Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar Di Rumah"

  1. Aku keknya butuh alat ini. Kapan ada info pembagian kasih tahu aku yah. Mulai ada problem keknya telinga aku

    ReplyDelete
  2. Tambahkan gambar dong Mas

    ReplyDelete
  3. Ada cara perawatannya sendiri ya agar alatnya awet dan bekerja maksimal

    ReplyDelete
  4. terimakasih infonya. Tapi semoga tidak sampai menggunakan alat ini selamanya... Amiin

    ReplyDelete
  5. Informasi yang sangat bermanfaat. Jadi memang tidak bisa dibersihkan pakai tisu basah apalagi air ya, agar alatnya tidak rusak

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel