6 Tipe Pengunjung Toko Buku, Sahabat Termasuk Yang Mana?

6 Tipe Pengunjung Toko Buku, Sahabat Termasuk Yang Mana?
ilhamsadli.com,- Toko buku masih menjadi sebuah destinasi yang cukup diminati, dan toko buku termasuk tempat yang tidak pernah sepi pengunjung.Dan setiap pengunjung memiliki tipe dan karakter yang berbeda-beda. Akan lebih ramai lagi jika buku yang tersedia selalu up to date, karena jika tidak up to date kemungkinan toko tersebut ramai sangatlah kecil. Pengunjung itu adalah raja bagi pemilik toko, terlebih lagi jika sang pengunjung membeli barang yang ada tersedia di toko tersebut.

Nah, pasti sahabat pernah menjadi seorang pengunjung dalam toko buku, entah itu hanya membeli buku tulis atau sekedar alat tulis kantor. Jika sahabat pernah menjadi pengunjung, lalu sahabat termasuk dalam tipe pengunjung seperti apa? simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sahabat termasuk dalam tipe yang mana.

6 Tipe Pengunjung Toko Buku

Berdasarkan banyaknya pengunjung yang masuk ke toko buku, berikut ini kami sampaikan sedikit ulasan mengenai 6 tipe pengunjung toko buku.

1. Melihat Bukunya Dahulu

Tipe pertama ini biasanya memiliki prinsip harus memiliki buku baru, minimal satu buku saja. Tetapi, kadang karena tipenya demikian alhasil dia belum punya pandangan jenis buku apa yang akan dibelinya. Oleh karenaya tipe pengunjung yang satu ini biasnaya melihat-lihat dahulu buku yang sekiranya menarik perhatiannya. Kalau dirasa cocok dengan bukunya dari segi cover, kontent atau sedikit ulasan dibelakang buku maka proses pencarian bisa saja langsung berhenti dan akhirnya buku tersebut masuk dalam keranjang belanjanya.

Kalau jujur, aku pernah menjadi tipe seperti ini, ketika buku bacaan sudah habis. Biasanya rak buku yang pertama kali dikunjungi adalah bagian buku islami kemudian ke novel dan terakhir biasanya komik. Jadi, percaya atau tidak. aku pernah menjadi tipe pengunjung yang satu ini. 

2. Pembaca Gratis

Bukan tidak pernah juga menjadi tipe yang satu ini. Tapi menjadi pengunjung toko yang satu ini aku lakukan ketika sudah bosan dengan bacaan yang itu-itu saja dan kondisi keuangan sedang tidak bersahabat. Maka secara spontan aku berubah menjadi tipe pengunjung toko sebagai pembaca gratis.

Kadang memang sering tertawa sendiri dan merasa salah. Ketika menemukan buku yang belum dibuka bungkusannya, lalu meminta bantuan petugas untuk membukakan sampul buku sehingga bisa dibaca. Nah, lucu bukan. Tapi hanya sebagian yang diperbolehkan untuk dibuka, selebihnya hanya membaca sinopsisnya saja. Tetapi tetap saja tipe ini sering berkunjung ke toko buku. Seperti aku dulu ketika senang mencari buku baru tanpa harus membeli caranya memang seperti itu. hahaha..

3. Pembeli Sebenarnya (Episien)

Tipe episien biasanya sudah menargetkan buku mana yang akan diboyong. Bahkan sudah melakukan riset terlebih dahulu mengenai isi buku, review buku dari pembaca lain, jenis buku, hingga harga pasaran buku tersebut. Dengan demikian pengunjung tipe ini tidak akan terlalu lama untuk memilih buku, biasanya langsung bertanya pada petugasnya mengenai lokasi buku yang diinginkan. 

Tentu tipe pengunjung yang satu ini sudah memperhitungkan dengan matang mengani waktu yang digunakan untuk membeli buku tersebut. Kalau aku, biasanya memilih menjadi tipe ini ketika sudah punya buku yang dianggap menarik berdasarkan review atau resensi di surat kabar. Tidak hanya itu, kadang juga memang karena sudah memiliki daftar buku, atau daftar nama penulis yang ingin dicari di toko buku tersebut.

4. Sekedar Mengisi Waktu

Tipe pengunjung yang ke-4 adalah tipe pengunjung yang sekedar mengis waktu. Karena bosan dengan aktivitas atau karena menunggu waktu biasanya mengunjungi toko buku menjadi piliahnnya. Ada juga yang memilih berkunjung ke toko buku hanya sekedar untuk cuci mata, karena memang tidak sedikit pengunjung yang bisa menjadi pusat perhatian, kadang petugas juga menjadi pusat perhatian kita ketika berkunjung. Tipe ini kadang hanya sekedar celingak-celinguk atau bisa juga membeli buku ketika menurutnya cocok. 

5. Tipe Pemburu ATK atau Asesoris

Toko buku memang tidak hanya menyediakan buku bacaan, tetapi juga menyediakan ATK (alat tulis kantor), sehingga pengunjung bisa mencari kebutuhannya. Nah, tipe pemburu ATK ini biasanya tidak masuk hingga ke rak-rak buku bacaan tetapi hanya berpaku pada ATK atau asesoris yang dipajang di toko buku tersebut. Dan kemungkinan pengunjung ini akan melihat-lihat buku masih sangat kecil.

6. Tipe Up To Date 

Tipe ini biasanya berkunjung karena ingin tampil sebagai seorang yang selalu up to date. Entah itu update mengenai buku, alat atk, atau hanya mengenai barang-barang seperti tas, topi atau sejenis alat-alat elektronik yang dipajang di lantai satu toko buku. Dia hanya sekedar tahu barang terbaru atau hanya sekedar mengerti harganya yang terbaru. 

Nah, setelah membaca ulasan artikel ini. Sahabat termasuk dalam tipe yang mana? kalau ada tambahan tipe yang tidak disebutkan disini silahkan sampaikan di kolom komentar ya. Sekian dulu ya...

5 comments:

  1. Aku kayaknya tipe pertama kak,
    kalo mau beli buku biasanya aku ngecek dulu di internet baru ke toko buku

    ReplyDelete
  2. aku gabungan deh dr 1, 3, 4, 6 hehehe

    ReplyDelete
  3. Aku suka buku yang tema parenting, kalau ke Toko Buku cari buku anak atau buku parenting. Buku Novel jarang banget kecuali aku suka penulisnya hehe....

    ReplyDelete
  4. 1 ampe 4 pernah kulakukan..haha

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung