5 Tips Sederhana Untuk Menjadi Blogger Muslim Yang Idealis

Ilhamsadli.com,- Profesi seorang blogger sekarang in sudah bukan sebuah profesi yang langka, karena banyak disekitar kita ternyata berprofesi sebagai seorang blogger. Jika ada yang bilang bahwa menjadi blogger itu hanya menghabiskan kuoat saja maka pernyataan itu sepenuhnya keliru. Karena pada kenyataannya tidak hanya kuota internet yang bisa dibeli oleh para blogger, tetapi kadang mendapatkan barang-barang bagus juga dari dunai blogging

Berkat banyaknya tersebarnya berita hoax yang mengadu domba, maka sekarang ini banyak sekali organisasi, komunitas dan beberapa orang mulai terjun ke dunia blogging. Salah satunya adalah Forum Lingkar Pena yang di ulang tahun ke-21 kali ini mengangkat tema “Literasi Berkeadaban”. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi konsumi masyarakat akan berita-berita hoax, terutama hoax yang membangun, karena tidak ada istilah tersebut. Nah, untuk itu maka berikut ini adalah tips sederhana untuk menjadi seorang blogger muslim yang idealis guna menghentikan penyebaran hoax di masyarakat.

1.Branding Diri

Untuk menjadi seorang blogger terkenal dan tentunya tetap idealis adalah dengan branding diri. Usahakan blog sahabat adalah bentuk dari branding diri. Misalakan saja dengan menggunakan nama blog sesuai dengan nama sendiri, contoh; www.ilhamsadli.com. Ada banyak sekali manfaatnya ketika punya brand sendiri, salah satunya adalah ketika seseorang mencari detail tentang sahabat maka akan ditemukan dengan mudah blog milik anda karena keyword yang digunakan adalah nama sahabat sendiri.

2.Menulis Yang Baik Dan Bermanfaat

Blogger islami tentu punya niat baik ketika membuat blognya. Maka hal utama yang menjadi pertimbangan ketika mempublikasi tulisan karyanya adalah apakah tulisan tersebut baik dan bermafaat bagi sesama atau paling tidak bisa bermanfaat untuk diri sendiri. Daripada setiap tulisan mengandung unsur kebencian, maka alangkah lebih baiknya jika mengirimkan tulisan yang memberikan manfaat. Karena semua muslim dan muslimah pasti tahu bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.

3.Menyortir Job

Menyortir job dimaksudkan agar tidak semua iklan content masuk dalam bahasan blog. Karena sekarang ini banyak sekali job-job yang tidak sesuai. Nah, disitulah peran sahabat sebagai seorang blogger muslim untuk menyortir job sehingga semuanya tetap pada koridornya.

4.Bergabung Dengan Komunitas

Nah. Kalau point ke-empat ini penting juga. Memang tidak menutup kemungkinan disekitar kita akan bisa lahir seorang blogger hebat, penulis hebat. Tetapi satu catatan penting bahwa air selalu membutuhkan wadah untuk kemudian bisa dikonsumsi, maka seorang penulis juga butuh wadah untuk bisa lebih terarah dan tentunya lebih komepeten di bidang itu. Kenapa harus bergabung dengan komunitas atau organisasi? Karena ketika berada dalam organisasi, sahabat akan bertemu dengan orang-orang hebat dengan pengalaman akan pahit dan manisnya dunia penulisan sehingga sahabat bisa banyak mengetahui bagaimana sebenarnya dunia penulisan tersebut.

5.Berbagi Ilmu

Jika sahabat pernah dengar sebuah hadist sahih mengenai menyampaikan ilmu walaupun hanya satu ayat. Maka point pentingnya adalah bagaimana seharusnya seorang muslim bisa saling berbagi, tidak hanya sesuatu yang tampak tetapi juga berbagi sesuatu yang tidak tampak seperti ilmu. Jangan takut ilmu sahabat akan berkurang ketika dibagi, yang terjadi malah akan bertambah dan menjadi lebih melekat dalam ingatan sahabat.
Demikian tadi sedikit tips sederhana menjadi seorang blogger muslim yang idealis, semoga bisa menginspirasi sahabat pembaca sekalian.
SALAM LITERASI…

9 comments:

  1. saya paling setuju sama no 5 tuh gan.. berbagi ilmu :)

    ReplyDelete
  2. Satu lagi, berdoa agar Allah istiqomahkan dalam kebaikan. Banyak godaan jado blogger ini ya kan Bg. Mantab tips nya

    ReplyDelete
  3. Tipsnya keren, zaman now penting menyortir job ya kak... gak diambil semua.. hihi gabung komunitas penting banget yakk.. biar nambah ilmu ^^

    ReplyDelete
  4. Right!!
    Harus tetap mnjadi muslim berkualitas ditengah godaan job yang kekadang menjerumuskan.

    ReplyDelete
  5. Setuju banget sama tipsnya, mas. Paling senang kalau tulisan kita bisa bermanfaat bagi yang membaca

    ReplyDelete
  6. Tengkyu yaa tipsnya, gue setuju banget, gabung komunitas itu sangat penting, selain buat silaturahim juga sekaligus menimba ilmu,besok giliran gue nulis tips buat blogger muslimah yaa ahahaha,

    ReplyDelete
  7. bagos sekali masukan dan idemu kak

    ReplyDelete
  8. Semoga abah Nawra mau ngeblog sekarang

    ReplyDelete
  9. Wah harus banyak belajar dari mas Ilham. Btw point yang bergabung dengan komunitas boleh share link link komunitasnya gak mas? Syukron sebelumnya.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung