7 Alasan Menikah Muda itu Pilihan yang Tepat



Menikah muda bukan lagi soal umur, mapan atau siap berumah tangga tetapi soal pilihan. Banyak muda-mudi yang akhirnya mundur dari pilihannya untuk menikah muda dengan berebagai alasan. Alasan yang paling banyak digunakan adalah alasan study, mapan atau belum direstui orang tua bahkan ada juga yang terkena sindrom menikah karena dulunya sempat dikecewakan oleh pasangannya. Hal demikian memang tidak lepas dari pengamatan kita, akan tetapi perlu untuk diketahui bahwa pilihan untuk menikah muda adalah pilihan yang tepat.


Bukankah menikah muda itu baik? Pasti jawabannya “ya”. Seorang filsuf asal yunani memberikan sebuah motivasi kecil “Dengan segala cara menikahlah. Jika mendapatkan istri yang baik, anda akan bahagia. Jika mendapatkan istri yang buruk, anda akan menjadi seorang filsuf.”

1.      Memupuk Kedewasaan
Dewasa itu bukan persoalan umur tetapi lebih ke pola pikir. Mereka yang awalnya berpikir egois hanya untuk kepentingannya sendiri, maka ketika menikah muda pemikiran seperti itu tidak lagi dibutuhkan. Ketika menjalin hubungan diluar penikahan atau sebelum pernikahan, hubungan tersebut tidak bisa dikatakan sebagai tindakan dewasa tetapi lebih cenderung ke bertindak seperti orang dewasa.
Sederhananya seperti ini, ketika seorang pemuda menikah maka sudah tentu dia akan mulai berpikir bagaimana caranya untuk menghasilkan uang halal untuk keluarga kecilnya. Secara tidak langsung, pilihan menikah muda telah menumbuhkan rasa tanggung jawab yang besar terhadap apa yang dalam genggamannya. Percaya atau tidak, tetapi begitulah kenyataan yang terjadi disekitar kita.

2.      Masa Romantis Lebih Panjang
Dengan menikah diusia muda, bisa dipastikan masa romantisme yang akan dijalani nantinya panjang. Romantis, apalagi jika belum pernah berpacaran sebelumnya. Bisa dipastikan betapa bahagia dan romantisnya seorang pengantin baru. Makan yang dulunya sendiri kini berdua, treaveling yang dulunya sendiri, tidur yang dulunya sendiri kini berdua. Yang dulunya masak sendiri, kini ada yang masakin. Duh bahagianya hati.
Shalat malam berjamaah, kemudian jika ada yang merajut lalu dirayu. Begitu seterusnya. Dengan memilih menikah di usia muda, maka secara tidak lagsung telah memilih jalan sukses dengan pasangan secara berdampingan. Romantis bukan?

3.      Meningkatkan Kepercayaan Diri
Seorang pemuda akan tampak berwibawa ketika disuatu acara berjalan berdampingan dengan istrinya. Begitu juga seorang pemudi akan tampak lebih menawan ketika berjalan beriringan bersama suaminya. Bisa dibandingkan sendiri bagaimana aura seorang pemuda yang berisitri dengan pemuda yang belum berumah tangga, beigitu pula sebaliknya. Terlihat sekali perbedaannya terutama dalam segi percaya diri, karena mereka tahu selalu ada yang mendukung dan menyemangatinya dirumah.

4.      Sukses Usia Muda Berpotensi Tinggi
Siapa yang tidak menginginkan sukses diusia muda. Semua orang pastilah menginginkan hal tersebut. Menikah muda berpotensi tinggi meraih sukses di usia muda. Secara sederhananya, mereka yang masih memiliki usia dan jiwa muda tentulah memiliki semangat dan keinginan yang kuat untuk meraih kesuksesan, sehingga gagal dan jatuh dijalan tidak menjadi hambatan yang besar. Ingat, mereka yang menikah muda selalu diberikan keinginan dan motivasi dari pasangannya sehingga rasa menyerah dan putus asa tidak lagi ada dalam kamus hidupnya.

5.      Bisa Berinvestasi dalam Jangka Panjang
Menikah diusia muda merupakan pilihan yang tepat jika dalam hidupmu memiliki mimpi dan harapan untuk menanamkan investasi dimasa mendatang. Tentunya kamu tidak lagi berjuang sendiri untuk meraih serta menggapai harapan dan mimpi itu. Terlebih dahulu bisa meminimalisir ego antara pasangan sehingga investasi jangka panjang bisa diraih tentunya dengan berinvestasi secara bersama-sama.

6.      Rumah Tangga Penuh Cinta
Cinta yang menggebu-gebu tentulah selalu diimpikan dari setiap pasangan, namun bagi yang memilih untuk menikah muda, sudah tentu mendapatkan hasil yang demikian secara tidak langsung. Masa-masa indah yang selalu diimpikan akhirnya menjadi sebuah kenyataan, dan akhirnya perjalanan yang panjang dalam jalan cinta telah berlabuh pada satu hati setelah berlayar begitu jauh.

7.      Melakukan Segala Aktifitas Bersama
Salah satu keuntungan yang didapatkan seseorang ketika menikah muda adalah bisa melakukan segala aktifitas bersama. Sungguh indah dan bahagianya rumah tangga. Segala sesuatu dilakukan bersama, masalah dibicarakan bersama dan tentunya untuk mereka yang beru mulai karir akan lebih berkesan karena telah menemukan seseorang untuk berbagi kehidupan. Lebih bagus lagi jika pasangan tersebut memulai dari nol, sehingga ketika sudah mencapai puncak maka kedua pasangan akan sangat yakin bahwa pilihan mereka selama ini tidaklah salah.

Demikianlah beberapa alasan dan keuntungan menikah muda, maka jangan ragu untuk memilih menikah muda, karena menikah muda adalah pilihan yang tepat. Dengan menikah muda, tentunya arah dan tujuan hidup akan lebih tertata rapi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung