√ Apa Itu Depo Container? Dan Apa Saja Manfaatnya? Inilah Jawabannya - Ilhamsadli.com

Apa Itu Depo Container? Dan Apa Saja Manfaatnya? Inilah Jawabannya

Ilhamsadli.com,- Melakukan pengiriman barang berat seperti bahan pokok, hasil panen, bahan bangunan, dan sebagainya secara lintas negara memang membutuhkan metode khusus. Untuk hal itu, dibutuhkan jasa forwarder yang memiliki depo container serta peti kemas. Di daerah Jawa Timur sendiri ada beberapa jasa depo kontainer Surabaya bisa digunakan.

Apa Itu Depo Container? Dan Apa Saja Manfaatnya? Inilah Jawabannya

Jika Anda merupakan pelaku bisnis ekspor impor mungkin tidak akan asing lagi dengan istilah depo container. Container merupakan tempat atau gudang kecil untuk mengangkut barang dan dapat dipindahkan ke tempat lain. Cara ini disebut lebih efisien karena bisa memudahkan proses pemindahan tanpa harus membongkar seluruh isi muatan. Untuk melaksanakannya, dibutuhkan depo container.

Pengertian Depo Container

Lalu, apa yang dimaksud dengan depo container? Depo container merupakan tempat menyimpan peti kemas kosong. Selain itu, depo ini juga kerap digunakan sebagai tempat melakukan perawatan, pembersihan, perbaikan, pembongkaran, atau melakukan survei sebelum container keluar masuk. Pada intinya, depo container adalah sarana penunjang kualitas sebuah container.

Dalam kegiatan perekonomian, tempat ini memiliki peranan sangat penting. Hal tersebut dikarenakan depo kontainer bisa membantu memperlancar kegiatan ekspor impor barang sehingga lebih cepat dan efisien. Pada skala nasional, khususnya dalam bidang logistik, tempat ini dapat membantu membuat tata niaga menjadi lebih efisien.

Akan tetapi, ada beberapa hal perlu diperhatikan. Tidak semua bisa dijadikan sebagai lokasi perawatan peti kemas ini. Setidaknya tempat tersebut harus memenuhi syarat standar Institute of International Container Lessor. Asosiasi tersebut merupakan asosiasi perdagangan internasional kontainer dunia. Apabila belum memenuhi syarat, maka tidak bisa untuk digunakan.

Manfaat Depo Container

1. Sarana pembersihan peti kemas

Seperti sudah disinggung sebelumnya, tempat ini kerap digunakan sebagai tempat pembersihan peti kemas. Peti kemas yang baru digunakan mungkin akan meninggalkan beberapa bekas dari barang di dalamnya. Oleh karena itu, diperlukan pembersihan agar peti menjadi bersih kembali dan siap digunakan pada proses berikutnya. Jadi, ketika akan digunakan, peti selalu dalam keadaan bersih.

2. Melakukan perawatan

Layaknya barang-barang pada umumnya, peti kemas juga perlu mendapatkan perawatan. Hanya saja, perawatan peti kemas membutuhkan tempat khusus seperti ini. Setelah digunakan melakukan pengiriman berkali-kali, tentu saja ada kemungkinan beberapa bagian mengalami sedikit masalah. Agar tidak berakibat fatal, secara rutin perawatan harus dilakukan.

3. Tempat penyimpanan

Perusahaan penyedia peti kemas biasanya memiliki persediaan sangat banyak guna mengantisipasi banyaknya permintaan. Artinya, tidak semuanya akan selalu digunakan. Beberapa mungkin hanya akan disimpan terlebih dahulu. Untuk penyimpanan, dibutuhkan tempat khusus yang luas seperti ini. Ketika akan digunakan, maka peti kemas akan diambil dari tempat penyimpanan tersebut.

Pentingnya Penyedia Depo Container Terpercaya

Apabila Anda ingin menggunakan jasa kontainer untuk pengiriman, pastikan perusahaan tersebut memiliki tempat penyimpanan ini. Bukan hanya sekadar memiliki, kualitas harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai hanya karena salah memilih akan berujung pada kekecewaan. Padahal, pengiriman menggunakan kontainer adalah tanggung jawab besar karena mencakup kegiatan ekonomi cukup luas.

Salah satu penyedia yang cukup direkomendasikan untuk digunakan adalah Hagajaya KS. Berdiri sejak tahun 1995, perusahaan ini sudah mempunyai banyak pengalaman terkait bidang tersebut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kualitasnya.

Bagi Anda yang tinggal di Jawa Timur dan sedang mencari depo kontainer Surabaya, maka Hagajaya bisa menjadi pilihan tepat. Selain menyediakan tempat, Hagajaya KS juga menawarkan pelayanan lain seperti modifikasi container, forwarding, sewa genset, dan lain-lain.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Depo Container? Dan Apa Saja Manfaatnya? Inilah Jawabannya"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink