Membuat Website dan banyak Untungnya? Kenapa Tidak

Ilhamsadli.com,- Membuat website dan banyak untungnya menjadi sebuah jawaban dari alasan kenapa harus membuat website? Bagaimana cara membuat website? Hingga pertanyaan mengenai apa itu website. Tetapi sebelum membahas itu semua dalam satu bahasan, kira-kira menurutmu sendiri apakah mudah membuat website dan apa saja keuntungannya? Ini sebuah pertanyaan untukmu yang memiliki bisnis atau pelaku UMKM maupun untukmu yang ingin melakukan branding.
Membuat-Website-dan-Keuntungnya

Keuntungan membuat website bagi pemilik usaha atau untuk personal tentunya tidak semuanya sama. Bahasan kali ini memang murni untuk membuka wawasan kita mengenai betapa pentingnya menggunakan media digital untuk melebarkan sayap hingga mengembangkan bisnis. Sadar atau tidak, kondisi dimana harus di rumah saja membuat kita semua mulai melek teknologi. 

Keuntungan Memiliki Website

Banyak yang bertanya padaku mengenai apa sih keuntungan memiliki website, sedangkan usaha saja masih belum punya. Kemudian apa sih yang bisa didapatkan ketika sudah memiliki website? Tentunya hal ini adalah hal yang memiliki banyak sudut pandang. Misalkan jika dari sudut padang personal dan dari sudut pandang pemiliki bisnis / usaha.

Kalau masih penasaran dengan apa saja keuntungan memiliki website, maka coba baca beberapa poin ini. Semoga bisa membantumu untuk menetapkan dan memantapkan hati dengan mulai merintis sebuah konsep sebuah website.
Keuntungan-Membuat-Website

Sebagai Portofolio

Keuntungan memiliki website adalah bisa dijadikan sebagai portofolio. Portofolio ini tentunya akan menjadi salah satu nilai plus ketika melamar pekerjaan suatu saat nanti. Jika itu adalah untuk keperluan bisnis, tentunya portofolio ini menjadi salah satu tolak ukur kepercayaan pelanggan dengan produk atau jasa yang kita pasarkan melalui digital.

Tingkat Kredibilitas Tinggi

Membuat website tentunya memberikan sebuah keuntungan dalam hal kredibilitas dari brand yang akan kita naikkan. Karena dengan adanya website, bisa saja mereka (calon pelanggan) tertarik dengan melihat apa yang kita munculkan di website tersebut. Bahasa sederhananya adalah kredibilitasnya lebih tinggi daripada hanya menggunakan toko offline saja.

Kemudahan Untuk Akses

Dengan membuat dan memiliki website, tentunya kemudahan akses untuk para calon pelanggan akan semakin besar. Mereka bisa mengakses apapun yang kita pasarkan melaui website tersebut tanpa harus menghujani kita dengan pertanyaan. Jadi mereka tinggal memilih jenis atau model yang diinginkan. 

Selain kemudahan akses, yang menjadi tolak ukur keuntungannya adalah bisa menjangkau banyak calon pelanggan karena sifatnya bisa lebih universal. Dimana semua orang (calon pelanggan) bisa dengan mudah mengakses apa yang ingin mereka cari di website kita.

Bagaimana Cara Membuat Wesbsite?

Untuk membuat sebuah website, tentunya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Baik itu secara konsep maupun secara finansial nantinya. Tetapi sebelum itu semua dibuat runut dan terstruktur, terlebih dahulu haruslah meluruskan tujuan pembuatan website itu terlebih dahulu. Apakah tujuannya untuk mesin pencetak uang yang instan, apakah untuk investasi jangka panjang, ataukah untuk melebarkan sayap dalam dunia bisnis. Ketika niat dan tujuan sudah ditemukan barulan melanjutkan ke langkah selanjutnya.
Cara-Membuat-Website

Menyiapkan Konsep Website

Tidak hanya dalam merancang rumah yang membutuhkan konsep, tetapi membangun sebuah brand dengan membuat website juga memerlukan sebuah konsep. Konsep ini akan menjadi titik temu dari sebuah rule besar nantinya. Dan pastinya akan dijadikan sebagai pondasi dalam mengembangkan sebuah bisnis itu sendiri. Konsep seperti apa? Tentunya konsep mengenai apa saja yang akan dinaikkan ke website, kemudian frequensi postingan, kemudian juga target pasar hingga strategi marketingnya.

Memilih Hosting Terbaik

Setelah konsep tentunya mulai memilih yang namanya hosting terlebih dahulu. Hosting akan menjadi sumber database nantinya yang hanya kita yang bisa mengaksesnya. Tentunya dengan adanya hal itu akan membuat kita semakin mudah menganalisis strategi untuk melakukan pemasaran atau marketingnya. Hosting terbaik tentunya akan mempengaruhi kinerja web kita, baik dalam speed (kecepatan) maupun server hingga seterusnya.

Beberapa teman yang sudah lumayan lama bergelut dalam dunia website hingga blogging merekomendasikan DomaiNesia, web hosting Indonesia terbaik di 2020. Maka tentunya aku juga akan merekomendasikan penyedia hosting terbaik ini untuk performa website yang handal. Memilih hosting terbaik, tentunya sama dengan memilih bahan dasar bangunan yang berkualitas. Tinggal meneruskan dengan mengisi konten hingga infografis di dalam web itu nantinya.

Mulai Membuat Website

Jika konsep sudah matang, kemudian hosting terbaik dari DomaiNesia sudah dipilih. Tentunya selanjutnya adalah mulai membuat website tersebut berdasarkan apa yang pernah kita rangkai dalam konsep awal tadi. Memulai website maka tentunya mulai memikirkan bagaiaman langkah selanjutnya. Termasuk mengenai konten, infografis dan seterusnya harus benar-benar detail. Minimalisir kesalahan sekecil apapun untuk mengurangi resiko ketidak percayaan calon pelanggan.

Melakukan Branding

Setelah membuat website berhasil dilakukan hingga tetek bengeknya, selanjutnya adalah strategi marketingnya. Bisa dengan mulai mempromosikan di media sosial, mulai memikirkan mengenai SEO analys, hingga strategi promosi seterusnya. Dan yang juga tidak kalah pentingnya adalah berkolaborasi dengan mereka yang kemungkinan besar bisa mendatangkan pelanggan. Semua tinggal direncanakan dengan matang hingga eksekusi dengan tepat. 

Bisa dikatakan bahwa hal tersulit adalah pada bagian branding ini, tetapi jika kita terus konsisten mencoba tentunya hasilnya perlahan akan terlihat. Dalam poin satu ini, tentunya target pasar menjadi hal yang paling penting untuk selalu diperhatikan. Secara sederhanya adalah tentukan target pasar, kemudian pahami calon pelanggan hingga memberikan pelayanan terbaik.

Kesimpulan

Jadi memperoleh keuntungan dari membuat website untuk brand atau personal memang banyak. Namun semua itu tidak bisa lepas dari yang namanya sebuah proses, jika prosesnya bisa kita lalui dengan baik tentunya keuntungan atau bonus dari hasil membuat website tersebut akan terlihat dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama. Jadi bagaimana? Sudah siap untuk mulai melebarkan sayap di dunia digital dengan website? Kalau membuat dan mendapatkan banyak keuntungan seperti ini? Kenapa tidak memilih untuk memulai dari sekarang.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

2 Komentar untuk "Membuat Website dan banyak Untungnya? Kenapa Tidak"

  1. Setuju. Setelah semua perencanaan dan eksekusi, kita mesti sabar berproses. Karena dari sanalah pelajaran penting bakal didapat.

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel