√ Memulai Bisnis Baru, Pelajari dari Ahlinya: Raih Susksesmu Sekarang! - Ilhamsadli.com

Memulai Bisnis Baru, Pelajari dari Ahlinya: Raih Susksesmu Sekarang!

Ilhamsadli.com,- Suksesnya sebuah bisnis tentu bukan hanya karena warisan, karena sukses yang sebenarnya adalah ketika berhasil merintis sebuah bisnis dari no. Istilah kerennya adalah memulai bisnis itu seharusnya from zero to hero. Bahkan nama-nama besar di luar sana seperti Arsjad Rasjid bukan hanya sukses karena keturunan melainkan berhasil melewati banyak tantangan dan rintangan.

Memulai Bisnis Baru

Setiap mendirikan bisnis, pastilah tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya bertemu kerikil. Oleh karenanya banyak orang yang merintis bisnis ini memiliki orang-orang hebat di belakang layar kesuksesannya. Mereka belajar dari kesalahan, belajar dari mentor hingga mencoba mengambil keputusan secepatnya.

Belajar bisnis dari ahlinya (sebut saja mentor) adalah langkah penting bagi siapa saja yang ingin memulai karir di dunia bisnis. Tak peduli usia, apakah kamu seorang remaja yang baru lulus sekolah atau seorang dewasa yang ingin berpindah karir, pelajaran dari para ahli bisnis dapat menjadi fondasi kuat untuk kesuksesan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips belajar bisnis dari ahlinya yang dapat membantu meraih kesuksesan di dunia bisnis.

1. Mulailah dengan Buku-buku Terkait Bisnis

Langkah pertama dalam belajar bisnis dari ahlinya adalah membaca buku-buku terkait bisnis. Banyak ahli bisnis sukses telah menulis buku yang berisi wawasan dan pengalaman mereka. Cari buku-buku yang membahas topik seperti manajemen, pemasaran, keuangan, dan kewirausahaan.

Jika tidak ada kesempatan untuk berkunjung ke toko buku, bisa juga dengan membaca majalah bisnis atau minimal webstie yang membahas seputar bisnis dan keuangan seperti arsjadrasjid.com. Tidak berhenti di situ, hanya membaca tanpa memahaminya tentu tidak dianjurkan.

2. Ikuti Kursus dan Pelatihan Bisnis

Selain membaca buku, jurnal, majalah atau website, hal yang juga patut dilakukan adalah mengikuti kursus dan pelatihan bisnis. Saat ini, banyak sekolah dan lembaga pelatihan menawarkan program-program pendidikan bisnis yang dapat diakses secara online.

Penting juga untuk belajar dari kursus dan pelatihan, terutama yang sekarang ini banyak pelatihan dan kursus dari pemerintah. Lebih bagusnya lagi, biasanya akan ada pembiayaan tambahan bagi bisnis yang dinilai berpotensi untuk terus berkembang.

3. Amati dan Pelajari Bisnis-bisnis Sukses

Salah satu cara terbaik untuk belajar bisnis adalah dengan mengamati dan mempelajari bisnis-bisnis sukses. Ikuti perkembangan perusahaan-perusahaan besar dan mengidentifikasi strategi apa yang membuat mereka sukses. Cobalah untuk mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam bisnis sendiri.

Mengenai cara ini bisa didapatkan dari website yang membahas seputar bisnis dan keuangan. Setidaknya ini bisa membantu untuk mengamati secara cukup detail dari berbagai sudut.

4. Jalin Hubungan dan Relasi

Networking atau membangun jaringan dengan para profesional bisnis juga sangat penting. Bergabunglah dalam komunitas bisnis lokal atau online, hadiri seminar dan konferensi bisnis, dan cari mentor yang dapat membimbing. Dengan berinteraksi dengan para ahli bisnis, kesempatan untuk memperoleh wawasan berharga dan pelajaran dari pengalaman mereka.

Dan tidak menutup kemungkinan juga kesempatan untuk bekerjasama dan berkolaborasi akan terbuk lebar apabila sudah menjalin hubungan dan relasi yang baik. Tentu ini bisa dilakukan secara perlahan termasuk ketika mengikuti pelatihan dan kursus

5. Tetapkan Tujuan Bisnis

Terakhir, tetapkan tujuan bisnis yang jelas. Tujuan bisnis ini akan menentukan langkah apa yang diambil hingga memprediksi kemungkinan-kemungkinan? Apakah ingin menjadi pengusaha sukses atau membangun perusahaan besar? Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu dapat lebih fokus dalam belajar dan berusaha mencapai kesuksesan bisnis.

Tips Penting Ala Arsjad Rasjid Agar Bisnis Bisa Terus Naik Kelas

Dalam sebuah artikel yang dimuat di website milik beliau, dimana web ini berfokus pada topik bisnis dan keuangan memberikan tips naik kelas untuk sebuah bisnis yang sedang berjalan.

Tips Bisnis Arsjad Rasjid

Tips pertama. Untuk menjadi besar sudah pasti sebuah usaha harus menjangkau pasar yang lebih luas, baik dalam hal penyediaan atau produksi barang. Jadi bukan hanya untuk pasar lokal. UMKM naik kelas harus siap untuk bersaing di nasional, atau bahkan internasional. Jadi penting untuk punya rantai suplai global.

Tips selanjutnya adalah mengikut perkembangan zaman yakni bagaimana seharusnya sebuah pemilik usaha atau bisnis ini merambah dunia digital. Tidak perlu jauh-jauh sampai dijadikan start up tetapi minimal sudah bisa masuk ke marketplace atau memiliki media sosial untuk bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas dan beragam.

Tips terakhirnya adalah ikuti informasi resmi pemerintahan, karena besar kemungkinan untuk dihadirkannya pelatihan dari pemerintah serta biasanya dibarengi dengan pendampingan. Tentu ini akan menjadi lebih memudahkan untuk yang baru merintis bisnisnya.

Dalam belajar bisnis hingga memulai sebuah bisnis, konsistensi dan komitmen adalah kunci. Ingatlah bahwa kesuksesan dalam bisnis memerlukan waktu dan usaha yang besar. Teruslah belajar dan berkembang, dan jangan ragu untuk mencari nasihat dari para ahli bisnis yang telah sukses.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Memulai Bisnis Baru, Pelajari dari Ahlinya: Raih Susksesmu Sekarang!"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink