5 Fakta Menarik Tentang Daur Ulang Plastik yang Perlu Anda Ketahui

Ilhamsadli.com,- Tahukah Anda bahwa selama satu dekade ini kita telah memproduksi dan mengonsumsi plastik lebih banyak dari total penggunaan plastik satu abad ke belakang? Di indonesia sendiri, jumlah plastik yang diproduksi bisa mencapai 7.2 juta ton setiap tahunnya dengan tingkat daur ulang plastik hanya 9-10%. Artinya 90% atau 6.5 juta ton plastik yang diproduksi di Indonesia akan berakhir menjadi sampah atau limbah!

Fakta Menarik Tentang Daur Ulang Plastik

Meskipun tingkat daur ulang plastik terus mengalami peningkatkan setiap tahunnya, namun saat ini masih banyak diantara kita yang masih belum sadar betul akan pentingnya melakukan daur ulang plastik!

Untuk itu, kami akan menghadirkan beberapa fakta menarik mengenai daur ulang plastik untuk menambah wawasan Anda tentang isu daur ulang plastik di dunia!

1. Tidak semua jenis plastik dapat didaur ulang

Tentu Anda pernah melihat kode daur ulang segi tiga dengan angka yang berbeda-beda pada produk plastik yang Anda gunakan. Kode angka 1-7 itu merupakan Resin Identification Code (RIC) yang menunjukkan terbuat dari jenis plastik apa produk tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis plastik yang digunakan dalam pembuatan produk plastik bisa didaur ulang. Hal ini demikian karena terdapat beberapa jenis plastik yang jika sudah mengalami proses pemanasan dan proses pencetakan, maka tidak bisa melalui proses pemanasan kembali. Sehingga, sampah plastik tersebut tidak bisa dibentuk menjadi produk plastik baru.

2. Tidak semua produk plastik dapat didaur ulang

Setiap jenis plastik dan produk plastik membutuhan proses dan tahap daur ulang yang berbeda-beda. Sayangnya, tidak semua fasilitas daur ulang dapat mengakomodasi daur ulang dari jenis-jenis atau produk plastik tertentu.

Selain itu, daur ulang plastik juga sangat bergantung pada permintaan di pasar. Jika tidak ada permintaan yang besar akan produk daur ulang plastik, maka daur ulang tidak akan berjalan.

3. Jumlah plastik di lautan akan melampaui jumlah iklan pada tahun 2050

Ini merupakan salah satu fakta yang paling menarik karena dapat menggambarkan dengan jelas mengenai betapa pentingnya kita untuk mulai melakukan daur ulang plastik.

Meskipun sulit untuk ditentukan dengan tepat, namun ilmuan memperkirakan bahwa terdapat 3.5 triliun ikan yang hidup di lautan. Menurut Ellen McArthur Foundation, dapat diestimasikan bahwa pada tahun 2050 jumlah sampah plastik di lautan akan melebihi jumlah ikan yang hidup di laut jika rasio daur ulang tidak mengalami peningkatan!

4. Daur ulang plastik dapat menghemat energi

Proses pembuatan produk plastik membutuhkan energi yang cukup besar. Namun, membuat produk plastik dengan bahan biji plastik daur ulang membutuhkan energi yang lebih kecil. Dengan kata lain, mendaur ulang plastik dapat juga membantu dalam menghemat energi.

Bahkan, mendaur ulang satu botol plastik sama saja dengan mengemat energi dari lampu 60-watt selama 6 jam!

5. Menghemat Sumber Daya Alam

Tahukah Anda bahwa sebagian besar plastik berasal dari minyak bumi? Seperti telah kita ketahui, minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak terbarukan sehingga jumlahnya sangat terbatas dan terus mengalami penipisan.

Maka, dengan memanfaatkan limbah plastik untuk didaur ulang menjadi produk yang bisa digunakan kembali, kebutuhan kita akan sumber daya alam yang terbatas tersebut akan berkurang!

Itu lah tadi beberapa fakta menarik seputar daur ulang plastik. Semoga dengan membaca informasi di atas, wawasan Anda mengenai bahaya dan keuntungan daur ulang plastik semakin luas!

Semoga informasinya bermanfaat!

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "5 Fakta Menarik Tentang Daur Ulang Plastik yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink