Review Aplikasi blu by BCA Digital, Ketika BCA Hadirkan Bank Digitalnya

Ilhamsadli.com,- Semenjak pandemi melanda, banyak sekali kebiasaan baru yang mau tidak mau harus kita lakukan dan ini bukan hanya dalam satu bidang melainkan banyak bidang. Salah satunya adalah mulai bermunculannya Inovasi perbankan dari BCA yang pada akhirnya mulai merambah dunia digital. Ya, bukan terpaksa tetapi memang tuntutan zaman seperti itu. Contoh sederhananya adalah dimana ketika hampir rata-rata anak mudah tidak memegang uang cash melainkan dalam bentuk saldo uang digital.

Maka BCA ketika membaca peluang ini kemudian menghadirkan aplikasi blu by BCA Digital dengan banyak fitur serta promo yang ditawarkan. Jujur saya sempat bingung ketika awal-awal, sebelum akhirnya membeli perangkat baru. Perangkat smartphone yang lama tidak bisa melakukan registrasi aplikasi blu by BCA Digital karena memang butuh update OS sedangkan kondisi internal perangkat saya mengkhawatirkan.

blu by BCA Digital

Hadirnya blu by BCA Digital ini tentunya untuk saya sebagai nasabah BCA sangat menanti-nantinya, apalagi dengan bisanya melakukan transfer ke bank lain tanpa harus menghabiskan saldo sisa. Biasalah ya, namanya juga penghasilan masih grow up alias bertumbuh jadinya harus benar-benar meminimalisir pengeluaran termasuk dalam perihal biaya transfer.

blu by BCA Digital menjadi Solusi Keuangan Anak Muda

Anak mudah di usia 15 ke atas, alias para generasi rebahan (sebutan untuk anak twitter) rata-rata sudah aware tentang bagaimana mengatur keuangan. Sudah mulai belajar investasi atau menabung untuk membeli sesuatu, katanya sih biar tidak menjadi “beban keluarga.” Terlebih memang karena sekarang bisa mendapat penghasilan tambahan dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial. Terlebih memang ada yang menjadi pemburu Give Away begitu kan? Ya otomatis ketika mendapatkannya tidak semuanya dialokasikan untuk berbelanja tetapi yang melek finansial pada akhirnya mengarahkan ke investasi atau ditabung saja.

Saya pribadi juga begitu, meskipun tidak punya latar belakang ilmu keuangan tetapi pada akhirnya harus bisa juga mengatur keuangan. Minimal harus mengerti alokasi dana yang akan digunakan nantinya. Apalagi profesi sebagai seorang freelance writer serta content creator memaksa saya dan beberapa teman haruslah pandai mengatur keuangan untuk bisa terus survive.

Kehadiran blu By BCA Digital sebagai salah satu aplikasi keuangan terbaik memang bisa menjadi solusi untuk belajar bagaimana seharusnya mengatur keuangan. Terlebih lagi sekarang masih pandemi, pengeluaran benar-benar harus diperhatikan, jika hanya untuk gaya hidup maka sebaiknya dikurangi atau dihindari. Itulah yang sedang saya pribadi coba untuk terapkan tentang bagaimana bisa merencanakan keuangan yang baik.

Bagaimana Caranya Agar Bisa Menjadi Pengguna aplikasi blu by BCA Digital ini?

Kalau boleh jujur, saya pribadi sangat awam untuk perkara perencanaan keuangan ini. Bertanya pada beberapa teman yang ahli (menurut saya) menjadi solusi. Selain memang menyimak webinar tentang financial planer sampai ikut kelas tentang financial planer dilakukan. Beberapa pakar dan teman menyarankan untuk melakukan pencatatan keuangan, karena saya sendiri sadar bahwa beberapa tahun terakhir tidak melakukan pencatatan keuangan alias semuanya hanya keluar masuk tanpa pencatatan.

Di Era digitalisasi ini memang penting sekali menggunakan aplikasi keuangan terbaik yaitu blu by BCA Digital bisa menjadi solusi karena memang ada beberapa fitur disediakan. Jika bisa semuanya terpusat di satu perangkat yaitu smartphone, dan ini bisa menggunakan satu aplikasi yaitu blu by BCA.

Apa Itu Aplikasi blu?

Sebagai generasi rebahan, tentunya hadirnya aplikasi blu by BCA Digital. Terutama karena untuk mendaftar di aplikasi blu tidak memerlukan modal deposit awal dan bisa sambil nyantai. Proses verifikasinya juga terhitung cepat dan tidak butuh antrian panjang ketika ke kantor cabang. Tentunya ini sangat berguna dan relate dengan keadaan sekarang yang dimana kita harus menghindari kerumunan.

Menemukan aplikasi blu ini karena memang sempat mencari di google mengenai aplikasi bank digital terbaik sehingga bermunculan tulisan mengenai blu by BCA Digiral. Tentunya sebagai nasabah BCA, tentu saja saya senang karena memang sudah terkadung nyaman bersama BCA Group. Aplikasi blu by BCA Digital ini merupakan platform perbankan next-generation yang memungkinkan kita mengatur keuangan sendiri secara digital lho, jadi cocok banget untuk mengatur keuangan.

Sekilas informasi bahwa aplikasi blu by BCA Digital ini merupakan aplikasi mobile banking dari BCA Digital yang didesain dan dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi generasi milenial. Desain aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang bagus menurut saya. Dengan aplikasi ini tentunya pengguna bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial melalui handphone atau smartphone.

For your information, hadirnya aplikasi blu by BCA Digital lahir dan menjadi bagian dari ekosistem digital perbankan. Seperti yang kita tahu bahwa pelayanan BCA Group sejauh ini tidak pernah ada keluhan, sehingga tidak heran jika dalam ekosistem digital ini BCA memberikan pelayanan terbaiknya dari segi kemudahan dan keamanannya. Sehingga bisa dikatakan bahwa blu by BCA Digital ini merupakan salah satu aplikasi bank digital terbaik.

Fitur Aplikasi blu by BCA Digital

Karena bau tahu tentang aplikasi ini, ya otomatis secara tidak langsung saya pribadi mencari review aplikasi blu ini di google. Ternyata sudah banyak reviewnya beserta kelebihan ketika menggunakan aplikasi ini.
Review aplikasi blu

bluAccount

Setelah membaca review aplikasi blu, ternyata ada satu fitur yang menarik perhatian saya yaitu blu Account. Fitur bluAccount ini ternyata adalah akun utama dari platform aplikasi blu dengan kemudahan dalam memahami segala bentuk UI (user interface). Salah satu fitur yang penting menurut saya, karena ketika menggunakan bluSaving kita bisa membuka 10 tabungan untuk merencanakan liburan, pendidikan, investasi, dan sebagainya. Jadi akan lebih mudah untuk membagi rekening dengan kegunaan masing-masing.

bluSaving

Dalam fitur bluSaving, kita yang sudah terdaftar dalam bluAccount dapat membuat hingga 10 tabungan dengan tujuan yang berbeda-beda pula sesuai dengan rencana dan rancangan masing-masing tabungan.

bluGether

bluGether kalau teman-teman perhatikan merupakan fitur terunik, karena pada fitur ini kita dapat membuka rekening bersama dan menabung dengan beberapa orang sekaligus. Yang membuka rekening bluGether disebut Creator, sedang yang diajak dalam rekening blueGether disebut member. Fitur bluGether dibuat sangat transparan baik untuk creator dan para membernya. Jadi bisa banget untuk managemen keuangan di sebuah agency atau mangement.

bluDeposit

Selanjutnya fitur bluDeposit yang bermanfaat sebagai rekening deposito. Rekening tabungan deposito bluDeposit bisa dipilih tenornya sendiri. Nominalnya bisa di top up, tabungan deposito berjangka ini minimal 10 juta dengan bunga 4%. Deposito dengan bluDeposit konsepnya Non Automatic Roll Over (Non-ARO) dengan lama tenor 1 sampai 12 bulan. Pencairan tanpa penalti jika sebelum jatuh tempo.

Fitur Lain di Aplikasi blu

Beberapa review aplikasi blu di google menjelaskan juga mengenai fitur lain. Fitur inilah yang ada pada aplikasi blu by BCA Digital tak hanya yang sudah disebutkan di atas, ada juga fitur Cashflow yang dapat dilihat dengan detail sehingga terkesan rapi. Pemilik akun di aplikasi blu by BCA Digital dapat mengunduh laporan keuangan hingga dua tahun ke belakang.

Kaum rebahan bisa banget ya menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi blu, apalagi kalau mendaftar sebagai nasabah baru blu akan mendapatkan transfer gratis ke bank lain sampai dengan 20 kali dengan blureward. Mendaftar juga sangat mudah, hanya dengan KTP dan foto saja sudah bisa memiliki bluAccount kok, kurang lebih 15 menit sudah di approve.

Aplikasi blu Kolaborasi dengan redi?

Sekarang aplikasi blu sudah bekerjasama dengan aplikasi redi dari telkomsel. Dan ada banyak bonus yang bisa dinikmati, termasuk bonus kuota internet ketika membuka tabungan blu by BCA Digital. Karena hal inilah kemudian saya membuat review redi untuk teman-teman lebih tahu detail mengenai aplikasi redi ini. Untuk aplikasi redi sudah bisa diakses di playstore.

review aplikasi redi

Review Aplikasi redi

Direktur P&T Telkomsel_redi x blu: Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam menyampaikan kebanggaan Telkomsel dapat berkolaborasi dengan BCA Digital yang kali ini dihadirkan melalui aplikasi Telkomsel redi dan blu serta berharap kolaborasi ini dapat semakin mendorong inklusi layanan keuangan digital yang lebih merata.

review aplikasi redi
source: telkomsel.com

Guna memberikan apresiasi bagi pelanggan yang ingin menikmati kolaborasi layanan tersebut, Telkomsel memberikan kuota data sebesar 10 GB dan BCA Digital memberikan bonus saldo Rp50.000 bagi nasabah yang membuka rekening melalui redixblu dalam periode promo yaitu tanggal 28-31 Oktober 2021. Kedepannya beragam program loyalty dan reward akan terus dihadirkan redixblu untuk memberikan lebih banyak lagi pengalaman akses keuangan digital bagi pelanggan.

Telkomsel redi merupakan aplikasi digital yang memiliki beragam fitur unggulan sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses rekening tabungan yang dimiliki, melakukan pembayaran menggunakan kode QRIS, split bill, hingga mengirim uang menggunakan nomor ponsel ke pemilik rekening. Beragam keunggulan tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan pengguna dalam transaksi perbankan digital.

Untuk aplikasinya sendiri trebilang ringan dan mudah untuk digunakan. Ada banyak fitur juga yang bisa dimanfaatkan untuk para pengguna telkomsel di seluruh indonesia. Terutama ketika mendaftar akun blu melalui aplikasi redi ini seperti yang saya sampaikan di atas.

Cara Install Aplikasi blu dan aplikasi redi

Mendaftar aplikasi blu tak harus menjadi nasabah BCA, pilih saja pilihan bukan nasabah BCA. Untuk lebih lengkapnya, begini cara mendaftar di aplikasi blu agar anda sendiri juga bisa menilai serta memberikan review aplikasi blu sesuai dengan pengalaman anda pribadi. 

aplikasi bank digital terbaik

  • Lalu install aplikasi blu.
  • Siapkan KTP dan NPWP (bila ada).
  • Ikuti semua langkah dengan lengkap dan baik, hingga tahapan foto KTP.
  • Ketika KTP sudah terfoto dengan baik, data akan otomatis terisi sesuai data di KTP
  • Kemudian akan ada pilihan “Apakah kamu nasabah BCA?”, pilih ya jika iya. Bila bukan nasabah BCA, maka bisa memilih bukan nasabah.
  • Isi data pekerjaan dan masukkan Nama Ibu.
  • Setelah semua oke, melakukan video call dengan tim haloblu yang ramah untuk proses verifikasi. sebelum melakukan video call, pastikan jaringan internet di smartphone stabil agar proses tanya jawab mudah.
  • Setelahnya tunggu paling lama 1×24 jam agar petugas dapat mengaktifkan akun yang kita buat.
  • Langkah terakhir, verifikasi e-mail.
Untuk cara install aplikasi redi sendiri, bisa mengikuti langkah berikut ini ya. 
cara install aplikasi redi

  • Pertama pastikan dahulu space di memory smartphone masih tersedia. 
  • Kedua, buka aplikasi playstore atau Appstore dan cari saja dengan keyword "Telkomsel redi" kemudian install. 
  • Ketiga, lakukan registrasi dahulu sampai benar-benar siap dan sampai terlihat seperti foto di atas.
  • Kemudian terakhir barulan dilanjutkan dengan menghubungkan aplikasi redi dengan blu by BCA Digital. Jika belum memiliki akun blu, nanti akan diarahkan untuk melakukan registrasi dan seterusnya.

Cara Menyambungkan Aplikasi blu dari Aplikasi redi

Untuk bisa mendapatkan bonus kuota data dari aplikasi redi, maka yang perlu dilakukan adalah masuk melalui aplikasi redi. Setelah itu baru melanjutkan dengan menambahkan akun bank dan menyambungkan dengan aplikasi blu. Sampai ke tahap pembukaan dan verifikasi melalui video call bersama tim haloblu. Jika sudah selesai nanti akan bisa langsung tersambung dan tinggal mengambil bonus kuota tersebut. Jadi itu sedikit review aplikasi redi dari saya.

Untukmu yang suka dengan promo, bisa banget manfaat kesempatan yang dibuka lebar oleh aplikasi redi yang kolborasi dengan blu by BCA Digital. Karena ada promo akhir tahun dengan gratis kuota 6 GB dari telkomsel redi dan blu by BCA Digital, berkesempatan juga mendapatkan grand prize serta promo lainnya. 

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

15 Komentar untuk "Review Aplikasi blu by BCA Digital, Ketika BCA Hadirkan Bank Digitalnya"

  1. salah satu yang membuat aplikasi BCA lebih mudah dan digemari anak muda itu karen sifat aplikasinya lebih mengedepankan User Xperience

    BalasHapus
  2. Jadi sebaiknya yang diinstal yang mana Mas? Blu, Redi atau dua-duanya? Menarik sih aplikasi-aplikasi e-finance gini ini, jadinya ga perlu bawa uang cash banyak-banyak. Saya termasuk yang telat menggunakan aplikasi e-finance gini. Lebih nyaman mode konvensional dengan tarik ATM.

    BalasHapus
  3. Sepertinya bluSaving bagiku sanga mudah diambil lagi. Tapi tak apa, sebagai pemula dan belum tergolong berpenghasilan karungan, bersyukur sudah mencoba fitur blu.

    BalasHapus
  4. gabungan Telkomsel dan bluBCA ini jaminan kualitas layanan yang nyus ya mas

    BalasHapus
  5. Mantap dong ada promo dapat kuota. Pasti kualitas pelayanan bluBCA bagus banget nih.

    BalasHapus
  6. blu kolaborasi sama Telkomsel? wah makin joss pastinya
    aku uda jadi nasabah blu

    BalasHapus
  7. Aplikasi Blu BCA memberikan inspirasi literasi keuangan perbankan, era digital membuat aplikasi bergerak maju

    BalasHapus
  8. Generasi rebahan yg melek ttg keuangan dan perbankan ini biasanya yg berhasil. Dia kapan menggunakan uang ddg tepat

    BalasHapus
  9. Saya gagal terus nih bang kalau mau verifikasi data. Katanya sih KTP sya ngeblur. Ah mau coba lagi pantang mundur

    BalasHapus
  10. cihuuuyy, HP baru doong ini Mas, uhuuuiii, selamat, selamat double-double ini mah selamatnya :D

    waah jadi kalau sambungin aplikasi blu by BCA Digital nya di aplikasi Redi bisa dapat tambahan kuota ya? wiih mantap, makin bisa berhemat nih, dana buat beli kuota bisa langsung ditabung di akun blu by BCA Digital nya ya :)

    BalasHapus
  11. Asyiknya blu ini, banyak fitur yang coco digunakan oleh mereka yang ingin mengatur keuangan. Juga mudah digunakan. Yang jelas pasti aman sih.

    BalasHapus
  12. Bisa banget nih buat anakku, secara sudah harus mengatur duit sendiri karena sudah kuliah. Membantu banget nih aplikasinya.

    BalasHapus
  13. Makin baik nih pelayanan Blu BCA yaa Kak. Calon nasabah tidak perlu menghabiskan waktu ke Bank, tapi cukup dirumah sj, sdh bisa buka rekening nih. Ditambah kolaborasi dengan Telkomsel redi, maka makin luaslah jaringannya.

    BalasHapus
  14. Dari Blue BCA bisa tarik tunai di ATM BCA ndak ya Mas?

    BalasHapus
  15. Sebagai pengguna setia BCA sejak pertama kali bekerja, ngga pernah kecewa sih sama produknya. Aku jg lagi pake Blu nih, suka fitur pilah-pilah rencana tabungan

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink