Nutrisi Penting Suplemen Makanan Ibu Hamil

Ilhamsadli.com,- Nutrisi Penting Suplemen Makanan Ibu Hamil - Apa yang harus ibu hamil makan agar apa yang dimakan bisa berdampak baik untuk perkembangan bayi di dalam kandungannya? Sekaligus baik juga untuk kesehatan ibu hamil. Berikut adalah beberapa nutrisi penting beserta contoh makanan untuk direkomendasikan kepada ibu hamil.

Nutrisi Penting Suplemen Makanan Ibu Hamil

Beberapa Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil :

Protein

Protein - Nutrisi penting untuk pertumbuhan tubuh dan otak bayi yang belum lahir. Ibu hamil harus fokus mengkonsumsi protein berkualitas baik seperti telur, susu, ikan, dll.

Kalsium

Kalsium - mineral penting untuk pertumbuhan tulang di dalam rahim. Ibu harus makan makanan tinggi kalsium dari trimester pertama sampai melahirkan pula. Suplemen Makanan tinggi kalsium seperti susu dan produk susu Yang harus minum 2 gelas sehari, ikan kecil yang bisa dimakan dengan tulang, udang kering, tepung ikan, tahu, sayuran berdaun hijau tua, brokoli, kangkung, bayam, dll.

Zat Besi

Besi - selama kehamilan Ibu memiliki 25% peningkatan produksi sel darah merah untuk memasok makanan dan oksigen ke bayi yang belum lahir. Dan mencegah anemia dari kehilangan darah pascapersalinan.Makanan kaya zat besi seperti daging, organ hewan, hati, darah, kuning telur, sayuran berdaun hijau, dll.

Asam Folat atau Folat

Asam folat atau folat - merupakan vitamin penting dalam pembentukan DNA. Jika ada kekurangan asam folat selama beberapa minggu pertama setelah pembuahan (Bila Anda menyadari bahwa Anda tidak menstruasi dan Anda tahu bahwa Anda sedang hamil ) dapat mengakibatkan cacat lahir.

Oleh karena itu, dokter akan menganjurkan ibu untuk mengonsumsi asam folat atau suplemen vitamin dari sebelum hamil hingga 3 bulan pertama kehamilan dan terus mengonsumsinya bersama makanan folat seperti hati, kedelai, kacang hijau, kacang merah, sayuran, dll.

DHA

DHA - sangat penting untuk perkembangan otak dan mata janin. Makanan yang tinggi DHA dan cocok untuk ibu hamil antara lain ikan laut, ikan air tawar berlemak, tenggiri, tuna, salmon, lele, rebana, dll, dan dapat dilanjutkan sampai menyusui. Karena DHA akan menularkan ASI ke anak juga.

Yodium

Yodium - mengatur pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Selama kehamilan, ibu harus makan makanan yang mengandung yodium, seperti makanan laut, garam beryodium, dll.

Prinsip Makanan Untuk Ibu Selama Kehamilan


Prinsip makanan untuk ibu selama kehamilan adalah: pilihan makanan berkualitas Nutrisi yang diterima lengkap dan harus beragam. Sehingga tubuh ibu dan anak mendapat nutrisi yang paling bermanfaat bagi perkembangan kehamilan.

Makanan Untuk Menyehatkan Otak Pada Janin

- Asam lemak, omega-3 dari ikan (Omega-3 fatty acid), ikan, ikan laut , sarden, tuna, salmon saba mackerel, nila, lele laut, dll, termasuk tiram, kerang, kerang, udang dan cumi - cumi. Dalam asam lemak omega-3 yang membantu dalam merangsang otak.

- Folat (asam folat) adalah nutrisi penting yang membantu membangun sel-sel otak, sistem saraf dan sumsum tulang belakang untuk bayi yang belum lahir. Asupan folat yang tidak memadai dapat menyebabkan afasia pada janin dan penurunan risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida.

- Zat Besi : Ibu hamil harus mendapatkan zat besi dua kali lebih banyak dari biasanya karena zat besi dapat membantu memperkuat hemoglobin dalam sel darah merah. Pemenuhan zat besi untuk ibu hamil bisa di dapatkan dari Suplemen makanan dan salah satu contoh suplemen makanan adalah Tonikum . Untuk mengkonsumsi Tonikum Bayer sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Tonikum Bayer adalah multivitamin yang memiliki kandungan zat besi, Zinc, Mangan, dan Vitamin B Kompleks.Tonikum Bayer cocok sekali dikonsumsi untuk mengantisipasi kekurangan zat besi yang dialami oleh keluarga kita.Demikianlah Artikel yang dapat saya buat tentang Nutrisi Penting Suplemen Makanan Ibu Hamil semoga bermanfaat, terimakasih.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Nutrisi Penting Suplemen Makanan Ibu Hamil"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink