Manfaatkan Waktu Luang Menjadi Peluang Bertahan Di tengah Pandemi

Ilhamsadli.com,- Memanfaatkan waktu luang menjadi peluang adalah sebuah langkah yang sangat bagus dalam pandanganku, karena salah satu nikmat yang diberikan Tuhan selain sehat adalah waktu luang. Banyak orang yang mengeluhkan kondisi karena terlalu banyak waktu luang, tetapi tidak sadar kalau ternyata banyak orang sibuk mendambakan waktu luang meski hanya sekadar bercengkrama dengan keluarganya. Jadi sesuatu yang bernama waktu luang ini haruslah dimanfaatkan dengan baik.

Terlebih lagi dengan keadaan di tengah pandemi seperti sekarang ini, banyak yang work from home atau bahkan mohon maaf terkena PHK. Kemudian beberapa orang mulai memutar otak agar bisa memanfaatkan waktu luang yang banyak itu. Nah, berikut ini beberapa kegiatan masyarakat kita dalam memanfaatkan waktu luang menjadi peluang yang akhirnya tidak hanya mengisi waktu, namun sampai tahap mendapatkan penghasilan. 

Manfaatkan Waktu Luang Menjadi Peluang Bertahan Di tengah Pandemi


Cara Memanfaatkan Waktu Luang menjadi Peluang mendapatkan Uang


Berikut ini adalah cara memanfaatkan waktu luang, dengan harapan waktu luang bisa menjadi sebuah peluang untuk menghasilkan cuan. Paling tidak, hasilnya nanti akan membuat kita lebih produktif daripada harus menjadi generasi rebahan saja. 

Menjadi Blogger hingga Konten Kreator

Kalau menanyakan kepada anak-anak sekarang ini, cita-cita mereka sudah berubah. Jikalau anak 90-an ketika masih SD rata-rata cita-citanya adalah dokter, guru, insinyur, kemudian era berkembang menjadi youtuber, gamers, sampai intrepreneur. Karena beberapa youtuber atau influencer menjadi daya tarik sendiri di mata anak muda zaman sekarang. Terlihat pekerjaannya santai dan tidak terlalu berat hingga harus lembur di kantor sampai tidak punya waktu luang bersama keluarga. 
Manfaatkan Waktu Luang Menjadi Peluang Bertahan Di tengah Pandemi

Selain itu, terlihat seperti sangat santai. Bahkan banyak sekali anak twitter yang membuat cuitan lucu mengenai hal ini. Misalnya “mencari pekerjaan dengan hanya pengalaman kerja di kerja bakti” atau berharap rebahan saja bisa mendapatkan uang. Namun memang hal ini tidak bisa dipungkiri kalau memang bisa, namun membangun atau merintisnya yang harus berusaha keras. 

Syaratnya cukup punya kouta internet, perangkat dan kreatif. Banyak platform yang bisa digunakan, misalnya: Instagram, blog, youtube, Podcast, hingga tiktok. Tetapi jangan sampai menjadi “goblok” hanya untuk konten yang viral. 

Membuka Usaha Baru

Cara memanfaatkan waktu luang yang panjang adalah dengan mecoba membuka usaha baru. Bisa berupa usaha rumahan sederhana atau dengan ide yang nyeleneh untuk membuat uang modal terus bergulir. Contoh usaha baru yang kini sedang trending. 

Manfaatkan Waktu Luang Menjadi Peluang Bertahan Di tengah Pandemi

Buka Catering Makanan

Catering makanan menjadi ternd yang lumayan sekarang ini, karena memang ada beberapa orang yang memilih untuk tidak kemana-mana. Tetapi ini cocok jika dilakukan di kota, kalau di desa sebenarnya juga bisa saja tergantung bagaimana cara kita mempromosikan jualan kita itu. Apakah karena rasanya ataukah karena tampilannya atau karena sudah ada langganan. 

Beberapa orang yang awalnya hanya membuka jasa dilevry atau hanya menerima pesanan, kemudian perlahan berkembang sekarang ini. Dan bisnis catering makanan ini termasuk populer hitungannya, bahkan ada juga yang akhirnya berkembang pesat. Bahkan aku pribadi mengsulkan hal ini untuk ibu, namun modal usahanya masih aku kumpulkan, semoga segere terkumpul. 

Jualan Masker

Peluang satu ini memang lagi ngetrend, karena banyak sekali yang membutuhkan masker untuk bepergian. Apalagi dengan menggunakan masker menjadi salah satu cara melakukan pencegahan penyebaran virus. Dulu sempat viral dengan melunjaknya harga masker, namun perlahan mulai normal dengan anjuran pemerintah untuk menggunakan masker kain. Kemudian muncul trend baru tentang masker yang unik dan kreatif. 

Apakah ada ide usaha yang lain? Aku akan menjawab pasti ada, tergantung bagaimana kita bisa peka dengan peluang yang ada itu. Peluang kalau tidak kita ambil maka kita bisa saja tidak bisa bertahan di tengah pandemi. Karena sadar atau tidak, kondisi pandemi seperti sekarang ini kita memakan tabungan karena uang keluar lumayan banyak daripada uang masuk. Jadinya uang sudah seperti “kulo nuwun” doang di ATM. 

Cara Memulai Usaha Ketika Tidak Punya Modal

Ingin memulai usaha tapi tidak memiliki modal, atau hanya memiliki kemampuan saja maka hal itu bisa juga menjadi peluang untuk memanfaatkan waktu luang lho. Karena ada juga yang misalnya ahli marketing, maka bisa menggunakan skillnya itu. Atau menjadi seorang dropsider bisa menjadi solusinya. 
Manfaatkan Waktu Luang Menjadi Peluang Bertahan Di tengah Pandemi

Namun ketika ingi menjadi pengusaha sendiri, maka bisa dengan cara melakukan pinjaman modal usaha untuk memulai sebuah usaha, nanti omsetnya bisa digunakan untuk mengembalikan pinjaman tadi. Jika membutuhkan dana cepat, maka bisa dengan memanfaatkan aplikasi pinjaman online. Tetapi perlu untuk memastikan kalau aplikasi pinjaman online tersebut termasuk dalam pinjaman online OJK atau belum terdaftar OJK. Salah satu Pinjaman Online OJK adalah Tunaiku. 

Kenapa harus Tunaiku?

Tunaiku ini merupakan salah satu situs pinjaman online pertama dari produk dari Amar Bank di Indonesia sejak 2014 lalu. Selain memang barada di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan kemudahannya. 

Tunaiku memilik visi memberikan layanan kredit tanpa agunan yang mudah, aman, terpercaya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tidak hanya ingin, tapi juga butuh dana tunai tanpa jaminan langsung cair cocok untuk modal usaha. 

Tunaiku berdiri di bawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga dari segi keamanan data bisa dijamin. Untuk soal fleksibilitas, Tunaiku juga cukup berbeda karena menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah berbeda dengan situs fintech yang lebih banyak memberikan limit kecil dan tenor pendek.

Syarat dan pengajuan pinjaman ini juga lebih mudah dibanding layanan KTA tradisional. Di Tunaiku hanya menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, serta proses pengajuan KTA yang hanya bermodalkan KTP dan 10 menit waktu kita untuk pengisian formulir.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

1 Komentar untuk "Manfaatkan Waktu Luang Menjadi Peluang Bertahan Di tengah Pandemi"

  1. Tunaiku emang aplikasi pinjol terbaik dan terpercaya. Sangat membantu pelaku usaha yang mau memulai bisnis nih.

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel