#NarasiDariPapua : Kontribusi Freeport Indonesia Untuk Masyarakat Papua

Ilhamsadli.com,- Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki sumber daya alam besar,  bahkan sempat muncul teori konsipirasi bahwa tanah yang subur, makmur pada zaman Nabi Sulaiman adalan Nusantara atau Indonesia. Ada juga teori konspirasi mengenai Indonesia merupakan benua Atlantis yang dulu menghilang. Entah teori mana yang benar, tetapi memang tanah Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Terkenal dari zama kerajaa dahulu hingga saat ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang patut untuk dipertimbangkan dalam hal menanam investasi.
#NarasiDariPapua : Kontribusi Freeport Indonesia Untuk Masyarakat Papua

Indonesia Timur terkenal dengan destinasi wisatanya yang luar biasa, mulai dari NTB hingga ke kawasan ujung paling timur yaitu Papua. Papua baru – baru ini sempat naik menjadi trending topik, kemudian aku sedikit kembali ke masa lalu. Karena teman seangkatan tahun 2012 di Universitas Jember ada yang berasal dari Papua.  Mereka orang – orang hebat yang menurutku patut untuk diberikan tempat spesial, karena Indonesia timur lebih banyak terkenal dengan putra terbaiknya sebagai pemain bola.

Kontribusi Freeport Indonesia Untuk Masyarakat Papua Khususnya Pemuda

Tetapi dengan bertemu langsung dengan teman – teman dari papua, membuatku mulai beranggapan bahwa sisi lain dari teman – teman tersebut adalah mereka memiliki otak yang encer, dan mereka patut diberikan gelar sebagai putra terbaik Indonesia. Pernah berbincang mengenai alasan mereka belajar hingga ke pulau Jawa, dan alasannya sangat sederhana yaitu “untuk memajukan tanah kelahiran kami”. Jawaban tersebut membuatku memutar kembali niat awal kuliah di Jawa, karena aku pribadi adalah orang timur meski tidak timur-timur banget dari pulau Jawa. 
#NarasiDariPapua : Kontribusi Freeport Indonesia Untuk Masyarakat Papua
source: Freeport Indonesia
Secara Psikologis bisa dikatakan bahwa munculnya Freeport Indonesia membuat para pemuda papua belajar sangat giat, rata-rata jurusan yang diambil adalah yang berhubungan dengan konstruksi. Teknik Sipil dan Mesin hingga ilmu hukum menjadi pilihan teman-teman itu, karena sangat potensial untuk bisa menjadi bagian dari Freeport Indonesia. 

Freeport Indonesia yang sudah menjadi perusahaan besar di Indonesia akan sangat membutuhkan talenta dari putra daerah, sehingga pendidikan di Papua mulai ditingkatkan lebih dari sebelumnya. Rata – rata putra Papua ini melanjutkan studi dengan modal otak, alias mereka adalah penerima beasiswa. Semuanya kembali untuk kebaikan tanah Papua, seperti lagu “Beta Papua”.

Lalu beberapa kontribusi nyata dari Freeport Indonesia untuk masyarakat papu adalah sebagai berikut jika harus aku jabarkan, semua ini berasal dari riset yang aku kumpulkan dari beberapa media dan perbincangan di masa lalu dengan pemuda papua yang sekarang sudah belum aku dengar lagi kabarnya setelah ia pulang kampung.

  • Infrastuktur Dibangun Cepat dan Memudahkan Akses Kemana Saja


Sama – sama kita tahu bahwa Indonesia timur, atau lebih tepatnya pulau diluar Jawa masih belum seramai yang dibayangkan. Karena jarak antara satu desa dengan yang lain masih dibatasi persawahan atau bahkan hutan. Maka dengan infrastuktur yang dibuka oleh pemerintah sekaligus kontribusi Freeport Indonesia ini, akhirnya juga secara tidak langsung akan bisa menguntungkan masyarakat papua itu sendiri. Kemudahan untuk akses kemana-mana, dan pastinya roda ekonomi menjadi berkembang juga.

  • Roda Ekonomi Masyarakat Papua Terus Berkembang


Dengan adanya perusah tambang tembaga seperti Freeport Indonesia ini, tentunya peluang usaha dan investasi semakin bertambah di tanah Papua. Roda ekonomi masyarakat papua tentunya bisa terus berkembang, terutama untuk kawasan sekitar pertambangan tersebut. Seperti visi dari Freeport Indonesia yaitu menjadi perusahaan tambang kelas dunia yang menciptakan nilai-nilai unggul dan menjadi kebanggaan bagi seluruh pemangku kepentingan termasuk karyawan, masyarakat, dan bangsa.

  • Lapangan Pekerjaan Terbuka Lebar

Putra putri terbaik Papua direkrut menjadi karyawan di Freeport Indonesia. Ini membuktikan bahwa lapangan pekerjaan terbuka lebar untuk semua kalangan, termasuk putra Papua. Karena memang yang diambil adalah kualitasnya. 
#NarasiDariPapua : Kontribusi Freeport Indonesia Untuk Masyarakat Papua
source: Freeport Indonesia
Karena Freeport Indonesia berkomitmen untuk secara kreatif mentransformasikan sumber daya alam menjadi kesejahteraan dan pembangunan yang berkelanjutan melalui praktek-praktek pertambangan terbaik dengan memprioritaskan kesejahteraan dan ketentraman karyawan dan masyarakat, pengembangan SDM, tanggung jawab sosial dan lingkungan hidup, serta keselamatan dan kesehatan kerja.

  • Pendidikan Semakin Maju dan Terjamin

Point ketiga ini tentang pendidikan yang semakin terjamin, seperti apa yang tadi aku sampaikan diawal tentang teman yang cerdas dan berasal dari tanah Papua. Motivasi utamanya adalah agar orang – orang yang mengelola tanah Papua adalah putra daerah, sehingga mereka belajar banyak hal ketika melanjutkan studi ke luar provinsi.
#NarasiDariPapua : Kontribusi Freeport Indonesia Untuk Masyarakat Papua
source: Freeport Indonesia

Banyak hal sebenarnya yang menjadi bukti kontribusi nyata Freeport Indonesia untuk masyarakat papua, khususnya para pemudanya. Tetapi ini saja yang aku ulas kali ini, jika ada tambahan akan ditulis menyusun ya...

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

3 Responses to "#NarasiDariPapua : Kontribusi Freeport Indonesia Untuk Masyarakat Papua"

  1. Pertahankan Freeport, jangan sampai jatuh di tangan asing...

    ReplyDelete
  2. Ayah yuni saat ini ada di papua juga. Tapi yuni nggak tahu banyak tentang semua ulasan ini. Menurut apa yang yuni dengar sepertinya jauh dari ulasan ini. Tapi sekali lagi, karena yuni nggak tahu banyak. Terima kasih ulasannya, Bang.

    ReplyDelete
  3. Aku juga kenal beberapa teman dari Papua yang S2 di ITB dulu. Mereka dapat beasiswa juga. I dunno, I just think Papus has something special, hidden gems, that not all of us can see it clearly. Papua tuh istimewa!!

    ReplyDelete
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel