Suroboyo Bus : Sebuah Inovasi Transportasi dan Solusi Untuk Lingkungan

Ilhamsadli.com,- Saya seringkali merasa prihatin karena semakin kesini semakin banyak kita memproduksi sampah plastik, dan masih belum banyak yang sadar akan hal itu. Hal sederhana misalnya adalah bahwa sampah plastik tidak bisa terurai secara alami oleh alam. Sudah banyak sekali penjual kaki lima atau bahkan coffe shop yang menggunakan plastik sebagai wadahnya dan wadah tersebut hanya bisa digunakan sekali saja.
Suroboyo Bus : Sebuah Inovasi Transportasi dan Solusi Untuk Lingkungan

Bahkan kebiasaan untuk membuang sampah sembarangan juga masih saja butuh kekuatan dan dorongan besar untuk tidak lagi melakukan hal bodoh itu. Tetapi terlepas dari masalah itu, saya merasa tersanjung dengan adanya beberapa komunitas hingga munculnya inovasi dari pemerintah untuk mulai mengurangi bertumpuknya sampah plastik dan mampu mencemari dan mengurangi nilai estetik lingkungan. Munculnya kerajinan hingga inovasi pemerintah dalam bentuk transportasi teknologi tinggi dan modern serta menjadi solusi untuk lingkungan.

Surabaya Bus Sebagai Solusi Untuk Lingkungan

Sebuah inovasi transportasi yang kemudian menjadi solusi untuk lingkungan, karena secara tidak sadar akan mendidik masyarakat untuk peduli terjadap lingkungan ini berupa Suroboyo Bus. Dimana penumpang bisa berkeliling kota Surabaya dengan membayar tiket bus menggunakan sampah botol maupun gelas plastik. Mungkin hasilnya tidak akan terlihat sekarang, tetapi dalam beberapa tahun beroperasi akan sangat terlihat dampaknya.
Suroboyo Bus : Sebuah Inovasi Transportasi dan Solusi Untuk Lingkungan
sumber foto: Belalangcerewet.com
Sadar atau tidak, karakter orang Indonesia memang demikian. Dimana jika sudah terlihat bagaimana enak, nyaman, aman dan murah meriah tentu akan perlahan mengedukasi masyarakat untuk mengumpulkan sampah plastik. Apalagi dengan cara ini akan lebih menghemat pengeluaran masyarakat. Fakta menarik lainnya adalah jalur yang dilalui juga adalah dekat dengan lokasi-lokasi yang memang strategis.

Seringkali kita jumpai ada gelas plastik hingga botol plastik dibuang sembarangan di sebuah lokasi wisata, tentunya hal ini bukan hanya mengurangi nilai estetik tetapi mereka yang membuang sampah tersebut telah menyumbang untuk kerusakan lingkungan. Bukan memberik kontribusi baik untuk lingkungan melainkan memberikan sebaliknya. Sebegitu merugikah kita diciptakan sebagai seorang insan? Sedangkan kita sama-sama mengerti mengenai kebersihan adalah sebagian dari iman.

Petugas terdekat sudah menyediakan tempat sampah khusus, tetapi tetap saja ada segelintir orang yang tidak perduli dengan problem tersebut. Bahkan pemerintah sudah turun tangan untuk menyelesaikan masalah ini, namun masih saja ada yang belum sadar akan hal tersebut. Miris kadang jika mengetahui fakta ini, harapannya semoga kedepan inovasi seperti ini bisa semakin dikembangkan di semua daerah di Nusantara.

Tranportasi Modern Pilihannya Suroboyo Bus

Saya bukan warga Surabaya, tetapi sangat mengapresiasi inovasi pemerintah Kota Surabaya dalam sebuah langkah untuk menyelamatkan lingkungan. Apalagi dengan banyaknya ditemukan kemacetan sekitar jalan-jalan di Surabaya, sehingga untuk mengurangi kemacetan inilah pemerintah kota menyediakan transportasi umum yang modern. Untuk mengecek posisi bus juga sedemikian mudah, karena hanya cukup menginstall aplikasinya saja. 
Suroboyo Bus : Sebuah Inovasi Transportasi dan Solusi Untuk Lingkungan
sumber: Belalangcerewet.com
Dengan hadirnya inovasi dalam transportasi ini, tentu diharapkan akan banyak berkontribusi dalam kemajuan Indonesia sehingga bisa bersaing dengan Jepang atau negara-negera besar lainnya. Andaikan sirkel mengenai lingkungan dengan menggunakan transportasi ini mulai diterapkan disemua daerah, tentu tidak menutup kemungkinan Indonesia kita tercinta akan terlahir kembali sebagai negara yang maju dan layak untuk diperhitungkan negara eropa.

Coba bayangkan apabila suatu saat, anak cucu kita merasakan bagaimana bersihnya udara dan lingkungan hingga tidak ada lagi yang namanya kemacetan. Tentu saja hal ini adalah buah atas apa yang kita dan pemerintah lakukan sekarang ini. Semoga harapan warga biasa seperti saya ini bisa benar-benar direalisasikan suatu saat. Sebagai sebuah langkah pasti dari Kementerian Perhubungan. 

Informasi lebih lanjut mengenai kementerian perhubungan bisa dijumpai di:
Website kemenhub:

Sosial media:


0 Response to "Suroboyo Bus : Sebuah Inovasi Transportasi dan Solusi Untuk Lingkungan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel