√ Inovasi LG di OLED TV, Teknologi Ai Hingga Prosesor Terbaru - Ilhamsadli.com

Inovasi LG di OLED TV, Teknologi Ai Hingga Prosesor Terbaru

Ilhamsadli.com,- Selamat jumpa, kali ini saya akan membahas seputar teknologi terbaru yang pastinya akan sedikit menyita waktu anda. Teknologi ini adalah teknologi OLED TV dengan teknologi Ai sampai Prosesor terbaru yang pastinya akan menarik untuk dibahas. Jadi sebenarnya untuk anda ketahui bahwa TV OLED merupakan salah satu jenis layar TV yang sedang menyita banyak perhatian orang. Jika dibandingkan dengan TV LED, perangkat televisi layar OLED menghasilkan kualitas gambar yang jauh lebih baik. Dan salah satu vendor yang mengembangkan TV OLED dengan kualitas terbaik di dunia adalah LG. 
Inovasi LG di OLED TV, Teknologi Ai Hingga Prosesor Terbaru

Apa Pengertian OLED? 

OLED sebenarnya adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode yang dibuat dengan menggunakan senyawa organik dan akan menyala ketika diberikan arus listrik. Memang sebuah mekanisme yang sama dengan LED, akan tetapi OLED dapat dibuat dengan ukuran lebih slim, fleksibel, dan bahkan lebih unik lagi adalah perangkat ini bisa digulung. Pixel-pixel di layar OLED bisa on/off secara independen, itulah sebabnya ketika pixel OLED dimatikan warnanya benar-benar hitam.

Layar OLED sendiri diperkenalkan pertama kali pada tahun 2013, kemudian terus mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan menurut Futuresource Consulting, menyatakan jika tahun lalu penjualan TV naik hingga 3% dengan nilai yang juga naik sebesar 7%. Nah, salah satu faktor pendorongnya adalah penjualan TV premium seperti jenis OLED yang memang banyak menyita perhatian konsumen.

Apalagi kini beberapa vendor elektronik sudah mulai melirik layar OLED untuk digunakan pada produk - produk mereka. Sebut saja seperti Philips, Sony, atau Panasonic yang juga sudah memperkenalkan TV OLED ke pasaran. Namun berbicara mengenai TV OLED tentu tidak terlepas dari nama LG. Karena LG satu-satunya perusahaan yang memproduksi panel OLED untuk perangkat TV melalui anak perusahaan LG Display. Selain memiliki TV OLED yang bervariasi, LG juga terus mengembangkan teknologi-teknologi baru dengan inovasi-inovasi baru juga tentunya. Semuanya tentu untuk menyaingi dunai teknologi yang semakin bergerak maju.

Apa teknologi baru di TV OLED LG?

Berbicara tentang teknologi terutama TV OLED LG, tentu yang menjadi pusat perhatian adalah apa dan bagaimana teknologi canggih dari TV OLED LG ini. 

Teknologi Canggih di TV OLED LG

Yang pertama OLED TV LG keluaran terbaru kini dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (Ai) atau bisa dikatakan sebagai kecerdasan buatan. Dimana, kecerdasan buatan ini lebih dari sekadar ketersediaan platform (Google & LG ThinQ), tapi juga berpengaruh pada tingkat hasil visual serta audio yang dihasilkan. Untuk diketahui bahwasanya teknologi AI dalam TV OLED LG berpusat pada penggunaan prosesor Alpha 9 Generasi ke-2. Yang menurut informasi merupak generasi kedua dari perusahaan dengan algoritma pembelajaran yang mendalam.

Letak kepintaran prosesor generasi kedua LG ini terletak algoritma khusus dengan kemampuan belajar (deep learning) sehingga sangat mendukung dalam hal peningkatan audio dan visual untuk memberikan pengalaman sinematik untuk konsumen. Oke, mari kita satu persatu agar lebih jelas.  
Inovasi LG di OLED TV, Teknologi Ai Hingga Prosesor Terbaru
Pada sisi visual, berbekal jutaan database terkait berbagai informasi visual, prosesor Alpha Generasi 2 ini memiliki kemampuan mengenali berbagai kualitas konten asal untuk kemudian bekerja dengan pilihan metode terbaik dalam mengoptimalkan tampilan. Dilengkapi juga dengan sensor sehingga bisa mengatur pencahayaan hingga tampilan sesuai dengan yang terdeteksi pada sensor. Kemampuan untuk mengtur pencahayaan ini, bekerja memainkan konten High Dynamic Range (HDR). Sebagai pendukungnya, LG tetap mempertahankan teknologi Dolby Vision dalam jajaran TV premium terbarunya ini sebagai ciri khas produknya.  

Sedangkan untuk audio, algoritma prosesor Alpha Gen 2 LG bekerja dengan meningkatkan kualitas audionya. Salah satunya adalah dengan tawaran nuansa suara yang dilakukan peningkatan secara virtual sistem audio 5.1 surround sound dari sistem audio 2.1. terlebih lagi, kemampuan mengidentifikasi bunyi berdasarkan ragam konten membuatnya menghasilkan suara yang lebih baik.

Alhasil, TV menghasilkan efek suara lebih dramatis pada tayangan film action dan sementara bagi tayangan music, suara vokal penyanyi akan terdengar lebih jelas. Bekal prosesor pintar ini pun membuat TV LG dapat memberikan tingkatan keluaran audio optimal yang menyesuaikan dengan penempatan dan posisi penggunanya. Selain itu, LG juga memastikan tetap mempertahankan penggunaan teknologi Dolby Atmos untuk memperkuat audio TV terbarunya ini dalam memberikan keluaran audio yang lebih realistis.

Kelebihan TV OLED LG

Saat ini prosesor alpha 9 generasi 2 sudah digunakan dalam seri TV OLED Z9, W9, E9 dan C9. Khusus ini seri 8K 88-inch Z9, penggunaan prosesor menawarkan kemampuan pemrosesan yang lebih tinggi dalam menghasilkan kualitas gambar 8K paling realistis dengan visual tajam, jelas, dan detail.
Inovasi LG di OLED TV, Teknologi Ai Hingga Prosesor Terbaru
Untuk di Indonesia, LG sudah merilis beberapa varian TV OLED Seri 9 (B9, C9, W9). Bahkan TV OLED LG C9 mendapatkan apresiasi dari Cnet sebagai TV OLED dengan kualitas gambar terbaik yang pernah ada.

Berikut kelebihan yang dimiliki TV OLED LG C9 :

  • memiliki desain slim sehingga membuatnya mudah menyatu dengan ruangan rumah
  • pilihan ukuran layar mulai 55’ – 77’
  • sudah menggunakan prosesor cerdas α9 gen 2 / α7 gen 2 (model B9) yang akan menghasilkan gambar detail dan pengaturan suara terbaik.
  • Dibekali LG ThinQ AI yang memungkinkan Anda melakukan banyak hal hanya dengan suara Audio terbaik dengan Dolby Atmos yang memberi keluaran audio bertenaga dan bergerak seakan ada di sekeliling Anda.
  • 4K Cinema HDR LG di dukung berbagai format HDR, HDR10 Pro dan HLG Pro
  • Pengelolaan kabel yang tersusun rapi agar terlihat bersih dan tidak berantakan

Promo OLED TV LG

Jika Anda tertarik untuk membeli TV OLED dari LG, mungkin sekarang waktu yang tepat. Karena LG sedang mengadakan promo OLEDPhoria berhadiah langsung e-voucher hingga Rp1 juta. Hadiah ini bisa langsung didapatkan untuk setiap pembelian semua TV OLED LG selama masa promo yaitu dari 30 Juli 2019 - 31 Agustus 2019.
www.lg.com

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

4 Komentar untuk "Inovasi LG di OLED TV, Teknologi Ai Hingga Prosesor Terbaru"

  1. Sering banget, sih, dengar-dengar soal OLED TV ini di toko elektronik. Katanya memang jauh lebih bagus, yang otomatis harganya pasti lblebih tinggi, ya. Dan lagi cukup laris juga meski harganya lumayan.

    BalasHapus
  2. Membayangkan televisi bisa digulung kayak tikar. Kayaknya keren, tuh.

    BalasHapus
  3. Wak teknologi baru lagi ini ya. Padahal televisi LED di rumah aja sudah jarang menyala.

    BalasHapus
  4. Barusan tahu LED, ternyata ada uang lebih canggih OLED ya..harganya pasti lebih mahal ya, tapi gambarnya memang lebih jernih ya..

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink