Ilhamsadli.com,- Memarkir mobil merupakan salah satu tahapan yang harus sobat kuasai sebelum bisa mendeklarasikan diri bahwa sobat bisa mengemudi dan mendapatkan SIM tentunya. Tahapan ini memang bagi sebagian orang tidak mudah. Terlebih jika harus memarkirkan mobil di tempat yang sempit apalagi di area publik. Terdapat beberapa tips memarkirkan mobil yang aman yang akan membantu sobat untuk jadi pemarkir mobil yang handal.

4 Tips Parkir Mobil 100% Sukses

Tips Memarkirkan Mobil yang Aman untuk Pengemudi Baru
Tenang dan tidak perlu panik. Kuasai kondisi mental dan kepercayaan diri sebelum memarkir mobil. Memarkir mobil merupakan hal yang wajib dan selalu ada yang pertama. Berikut adalah ke-6 tips memarkir mobil tersebut.

1. Pilih Lokasi Parkir yang Aman dan Jelas

Keamanan merupakan hal yang utama dan tidak bisa ditawar. Untuk itu, prioritaskan lahan atau tempat parkir yang aman, dimana terdapat petugas parkir, CCTV, barikade (gedung bertingkat), dan petugas keamanan. Selain soal keamanan, carilah lokasi parkir yang jelas dengan penerangan yang cukup.

2. Pastikan Anda Memberi Jarak 

Berapa jarak umum antara satu mobil dengan mobil lainnya? 5-10 cm merupakan jarak yang bisa sobat ambil antara mobil sobat dengan mobil lain. Pengambilan jarak ini dilakukan untuk mengantisipasi dan meminimalisir efek goresan maupun menunjang kenyamanan sobat dan penumpang ketika keluar masuk kendaraan.

3. Manfaatkan Spion Sebaik Mungkin

Spion memiliki peran vital ketika sobat memarkir mobil. sobat harus memanfaatkan dengan baik, baik spion depan maupun spion samping. Spion akan amat terlihat perannya ketika sobat memarkir mundur. Jika memang diperlukan dan ragu, keluarkan kepala untuk membantu sobat menemukan posisi parkir yang tepat.

4. Jangan Lupa Posisi Tuas Transmisi

Perhatikan tuas transmisi, apakah sudah dalam posisi P (Parking) atau belum. Jika sudah dalam posisi tersebut, untuk mendapatkan keamanan ekstra, tarik rem tangan. Dengan begitu, mobil tidak akan bergerak mendadak.

Untuk menjadi handal, diperlukan latihan atau praktik berkali-kali. Jangan ragu untuk mencoba beragam posisi parkir di beragam lokasi untuk mengasah skill sobat. Selain itu, beda mobil beda rasa, terutama untuk mobil matic dan manual. Sobat bisa mencoba satu per satu untuk merasakan perbedaan keduanya. Yang pasti keamanan harus sobat junjung dan jangan ragu serta jangan gugup ketika memarkirkan mobil. sobat belum punya mobil untuk latihan? Sudah banyak loh sekarang ini mobil dibawah 200 juta yang bisa anda beli!