Memajukan Usaha Kuliner Dengan Go Digital Dalam Satu Genggaman

Ilhamsadli.com,- Memajukan Usaha Kuliner Dengan Go Digital Dalam Satu Genggaman. Tidak bisa dipungkiri bahwasanya zaman yang serba digital ini mengharuskan semua orang mengerti dan mengikuti perkembangan. Mungkin ini seperti yang dikatakan om Dedy Corbuzer dalam salah satu videonya di Youtube, bahwa kaum millenial sekarang lebih suka yang praktis dan cepat. Soal harga urusan belakang, yang penting adalah seberapa cepat. Maka tentunya, apabila ingin membuka wirausaha khususnya bidang kuliner. Maka yang harus ditanamkan adalah bagaimana memajukan usaha kuliner dengan go digital dalam satu genggaman.
Memajukan Usaha Kuliner Dengan Go Digital Dalam Satu Genggaman

Kenapa Go Digital Penting Untuk Memajukan Usaha Kuliner?

Banyak sekali para serjana muda lebih memilih untuk membuka usaha daripada menjadi pekerja, dan rata-rata yang diburu adalah usaha kuliner. Dengan alasan keberagaman dan selera orang yang berbeda-beda, kemudian ide kreatif atau bahkan ide unik membuat para pengusaha muda ini siap menjadi seorang entrepreneur muda. Terlebih lagi, dengan pemahaman para pemuda tentang dunia digital yang banyak dan terus berkembang. Hingga fenomena “lebih takut ketinggalan smartphone daripada dompet yang tertinggal”, karena zaman sudah semakin berkembang. Dimana hampir semua transkasi sudah menggunakan transaksi digital seperti e-money.

Go Digital Sebagai Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner

Maka mereka para pengusaha dari generasi X, mau tidak mau haruslah mengikuti perkembangan serta pemikiran para kaum millenial. Caranya adalah dengan belajar menerapkan go digital dalam strategi pemasaran bisnis kuliner yang dikembangkan. Penting sekali untuk membuka diri dengan dunia digital agar tidak tertinggal. Mungkin saja banyak yang beranggapan bahwa transaksi face to face lebih bagus sekaligus cara bersilaturrahmi, tetapi faktanya di lapangan menyatakan bahwa beberapa cafe atau resto yang ternyata pendapatan besarnya berasal dari online.

Go digital merupakan langkah yang bagus untuk memulai bisnis bidang kuliner dan mengembangkannya. Apalagi dengan target indonesia kedepan yakni Revolusi industri 4.0 yang semuanya akan berjalan serba digital. Tentunya bisnis haruslah sama-sama dikembangkan juga. Tetapi yang selalu menghadang seseorang berfikir panjang untuk menjalankan bisnis kuliner adalah kesulitan nantinya.

Mengatur Strategi Bisnis Kuliner Yang Baik

Banyak orang memilih bisnis kuliner baik itu resto, café, atau warung makan karena memang dasarnya suka makan atau karena ingin mencoba inovasi baru. Maka sudah semestinya calon pebisnis bidang kuliner ini mengatur bagaimana strategi bisnis kuliner yang baik untuk membuat usahanya terus berkembang. Dari beberapa sumber, saya coba rangkum bagaimana strategi bisnis kuliner agar bisa bersaing di pasaran.
Memajukan Usaha Kuliner Dengan Go Digital Dalam Satu Genggaman

- Lakukan Survei Untuk Menemukan Hal yang Unik

Tentunya sebelum memulai sesuatu, haruslah melakukan survey terlebih dahulu. Tujuan dari survey ini adalah menentukan terget pasar, persaingan, hingga keunikan yang perlu dimunculkan. Dua menu ayam bakar dari 2 tempat yang berbeda, namun ternyata satu lebih ramai dan satunya biasa saja. Yang membuatnya ramai pastilah karena ada hal unik yang ditonjolkan dalam usahanya, dan sudah menemukan siapa target pasarnya.

- Tentukan Lokasi

Dalam memajukan usaha kuliner, tentu lokasi bisa menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Maka bisa dikatakan bahwa salah satu strategi bisnis kuliner yang baik adalah menentukan lokasi yang strategis, apalagi jika targetnya adalah para pengunjung datang ke lokasi. Tetapi walaupun go digital, lokasi juga perlu diperhatikan agar bisa dengan mudah ditemui ketika menggunakan aplikasi online seperti go jek. 

- Desain dan Menu yang Khas

Sekarang ini, nama yang unik ataupun menu yang unik menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Apalagi misalkan desain tempatnya dibuat semenarik mungkin, sehingga bisa menjadi tempat yang unik untuk foto-foto maka bisa ada kemungkinan strategi bisnis kuliner yang dijalani akan menghadirkan keberhasilan. 

- Memantau Perkembangan Bisnis Kuliner

Strategi bisnis kuliner terakhir adalah terus memantau perkembangan bisnis kuliner yang dijalankan. Caranya bagaimana? Dengan menggunakan pembukuan. Tetapi terlebih dahulu bergabunglah sebagai mitra dari ojek online sehingga bisa dengan mudah melakukan pembukuan dan bisnis bisa lebih cepat berkembangnya. Oh ya, masalah pembukuan tadi, karena sudah digital maka sekarang sudah bisa menggunakan aplikasi kasir untuk mencetak transkasi.

Karena sudah bermitra dengan ojek online tadi, maka anda akan butuh pengelolaan pesanan online dan offline secara terpisah, kemudian mencetak struk pembayaran (tak perlu kwitansi / nota), dan bisa menerima pembayaran nontunai. Semuanya bisa dilakukan cukup dalam satu genggaman, yakni menggunakan aplikasi SPOTS. Tentunya dengan cara ini bisa memajukan usaha kuliner yang sedang dijalankan dengan cara go digital. Sudah saatnya mendapatkan kemudahan serta kenyamanan dalam menerima pembayaran, mudah memoitor atau memantau dan pastinya tidak perlu pembukuan manual karena semua masalah itu bisa diselesaikan dengan aplikasi kasir SPOTS. Artikel ini didukung oleh SPOTS

0 Response to "Memajukan Usaha Kuliner Dengan Go Digital Dalam Satu Genggaman"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel