Gerakan Sosial #KejarMimpi Dan Komitmennya Dalam Bidang Kesehatan

Ilhamsadli.com,- Sahabat pernah iseng-iseng untuk cari tahu gak? Mengenai bagaimana sih kegiatan para anak generasi sekarang atau lebih banyak dikenal sebagai generasi Z. Mungkin generasi millenial masih bisa dibendung atau diarahkan dalam kegiatan yang lebih bermanfaat atau mengikuti sebuah gerakan sosial. Sejauh ini, yang saya dan sahabat saya tahu adalah banyak sekali generasi Z ini yang disibukkan dengan dunia media, khususnya media sosial. Media sosial yang seakan sudah mendarah daging dalam setiap generasi Z, karena hal ini memang tidak bisa dipungkiri.

Namun, akan menjadi sebuah problematika ketika ternyata kecanggungan terhadap media sosial ini membuat para generasi Z menjadi jarang sekali bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Tentunya hal ini akan menjadi sebuah keresahan ketika suatu saat generasi millenial digantikan oleh generasi Z yang masih belum terbiasa bersosialisasi. Maka solusinya adalah dengan mengajak generasi Z ini mulai mengikuti komunitas yang “kekinian” seperti komunitas di dalam gerakan sosial #KejarMimpi, dengan harapan suatu saat bisa memberikan cahaya baru untuk Indonesia
Gerakan Sosial #KejarMimpi Dan Komitmennya Dalam Bidang Kesehatan
#KejarMimpi Volunteering Day Malang 2018 (Photo & Credit: Kejar Mimpi & CIMB Niaga)

Seputar #KejarMimpi

#KejarMimpi adalah sebuah gerakan sosial (social movement) untuk membentuk karakter generasi muda Indonesia yang positif melalui pengembangan serta pengendalian diri yang baik, sehingga mampu memberikan nilai baru yang dapat memajukan Indonesia.

Gerakan #KejarMimpi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa mengindentifikasi mimpi dan berbagi cerita tentang mimpi mereka. Ketika mimpi itu diceritakan, akan ada orang lain yang juga memiliki mimpi dan tujuan yang sama – maka mimpi itu selangkah demi selangkah akan menjadi kenyataan karena dilakukan secara bersama-sama. Gerakan #KejarMimpi percaya bahwa setiap mimpi bisa terealisasi ketika kita saling membantu dalam mengejar mimpi tersebut

Kenapa Harus #KejarMimpi ?

#Kejar Mimpi ini diinisiasi oleh salah satu institusi perbankan di Indonesia yaitu CIMB Niaga. Bagi saya menarik sekali karena jarang ada institusi bank yang punya gerakan sosial militan seperti ini. Mereka memiliki tujuan untuk mengumpulkan mimpi-mimpi masyarakat Indonesia dan merajut mimpi tersebut menjadi nyata. Melalui Kejar Mimpi, CIMB Niaga ingin berfokus pada peranan untuk selalu mendukung masyarakat Indonesia untuk berkembang dalam berbagai aspek kehidupan.

Perlu untuk sahabat ketahui bahwa #KejarMimpi ini memiliki 4 pilar kegiatan. Di antaranya adalah bidang pendidikan, bidang lingkungan, bidang pembangunan ekonomi sosial, dan filantropi (manusia). Banyak yang menganggap bahwa gerakan sosial #KejarMimpi hanya sebatas bidang pendidikan dan lingkungan. Tetapi ternyata CIMB Niaga bersama #KejarMimpi juga berkomitmen dalam bidang kesehatan. Salah satu buktinya adalah dengan menghadirkan sumbangan ambulance ke Lembaga Kemanusiaan MER-C (Medical Emergency Rescue Committee).
Gerakan Sosial #KejarMimpi Dan Komitmennya Dalam Bidang Kesehatan
Tim Kejar Mimpi bersama dengan perwakilan MER-C Yogyakarta (Photo & Credit: Kejar Mimpi & CIMB Niaga)
Kalau yang saya baca dari media, semua berawal dari Kejar Mimpi mengadakan Community Gathering di Yogyakarta. Dari gathering komunitas ini muncul sebuah ide bahwa mereka akan #KejarMimpi untuk mewujudkan Indonesia lebih sehat. 

Di pertengahan tahun 2018, Kejar Mimpi bersama CIMB Niaga Syariah berhasil merealisasikan ambulance untuk komunitas MER-C Yogyakarta. Saat ini ambulance beroperasi di sekitar Yogyakarta dan diperbantukan untuk korban bencana gempa di Lombok. Aksi sosial Kejar Mimpi tidak berhenti di situ saja. Pada November 2018 lalu, MER-C Yogyakarta bersama Kejar Mimpi dan CIMB Niaga Syariah berhasil mengadakan pengobatan gratis untuk 300 jiwa. Tidak diragukan lagi kontribusi Kejar Mimpi untuk Indonesia besar ya!

Hal yang bisa saya petik dari cerita Kejar Mimpi ini sangat sederhana yaitu dengan bersosialisasi bisa memberikan dampak yang besar bagi lingkungan. Terutama ketika kita memiliki mimpi yang sama dengan komunitas kita, maka mewujudkan mimpi akan terasa mudah dan bisa dirasakan oleh semua orang. 

Lingkungan yang kuat juga menjadi salah satu faktor penentu dalam #KejarMimpi terlebih lagi mengenai ekonomi sosial ini. Itulah sedikit penggambaran bahwasanya ke semua bidang ini saling berkaitan satu dengan yang lain. 

Dari ulasan sederhana inilah kemudian muncul sebuah ide bahwa generasi Z yang lebih rentan dengan dunia media sosial akan lebih baik untuk dibimbing menjadi seorang pelopor suatu saat bersama CIMB Niaga dan #KejarMimpi. Karena setelah generasi millenial ini, kemudian akan beregenerasi mencari bibit baru yang tentunya diambil dari generasi Z ini. 

Simak kegiatan Kejar Mimpi dan CIMB Niaga di www.instagram.com/kejarmimpi.id



2 Responses to "Gerakan Sosial #KejarMimpi Dan Komitmennya Dalam Bidang Kesehatan"

  1. iyes, generasi milenial harus bergabung dengan Kejar Mimpi. supaya bisa mewujudkan generasi emas 2045 wuhuuuuuuuuu

    ReplyDelete
  2. Bener, lingkungan yang utama membentuk karakter... siapa tahu Indonesia bisa jadi the next macan asia

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel