√ Cara Mudah dan Praktis Membuat Sitemap Pada Blogger - Ilhamsadli.com

Cara Mudah dan Praktis Membuat Sitemap Pada Blogger

ilhamsadli.com,- Sitemap atau orang lebih biasa menyebutnya sebagai daftar isi pada blog adalah salah satu fitur pelengkap dari navigasi yang bagus. Karena navigasi yang bagus akan membuat para pengunjung blog betah dan kerasan untuk mampir ke blog kita. Oleh karenanya, menu yang satu ini juga harus dipertimbangkan untuk tampil dalam halam blog sahabat. Fungsi sitemap adalah mempermudah pencarian artikel sahabat berdasarkan kategori atau tags yang sudah sahabat tentukan dalam blog. Nah, bagaimana cara mudah dan praktis membuat daftar isi blog? 

Oke, kali ini kami akan sedikit berbagi tutorial sederhana mengenai cara membuat daftar isi dengan tampilan yang tidak kalah menarik dari web-web besar. Oh ya, Sitemap kadang juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebuah blog bisa dikatakan berkualitas (katanya sih begitu), namun pada kenyataannya memang sitemap menjadi tolak ukur diterima atau tidaknya sebuah situs. walaupun kadang ada juga yang tidak memiliki menu sitemap tetap disetujui.

Baca Juga: 2 Alternatif Mudah Membuat dan Sub Menu blog

Tetapi semuanya kita kembalikan pada fungsi untuk mempermudah navigasi atau memudahkan pengunjung mencari artikel berdasarkan kategori yang disiapkan pemilik blog. Sudah cukup saya rasa muqaddimahnya ya, kita langsung eksekusi saja pembuatan sitemap blogger yang mudah da praktis.

Cara Mudah dan Praktis Membuat Sitemap Blog

Berikut ini adalah cara mudah membuat sitemap blog adalah seperti berikut ini.
  • Pertama-tama sahabat harus membuat halaman baru dengan cara masuk ke Blogger, kemudian pilih menu Halaman
  • Langkah selanjutnya setelah masuk ke menu halaman adalah membuat halaman baru.
  • Setelah itu sahabat klik HTML disebelah Compose pada pojok kiri atas dibawah judul.
  • Jika sudah maka, silahkan sahabat copy kode html berikut ini
<script src="https://cdn.rawgit.com/mowdot/mysitemap/master/sitemapku.js"></script><script src="https://namablog.blogspot.co.id/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
  • Ganti url berwarna kuning tersebut dengan alamat url milik sahabat. Kemudian Save 
Setelah tersimpan, maka silahkan sahabat cek apakah sudah tampil atau tidak. Sekian sedikit tutorial sederhana dari ilhamsadli.com, semoga bisa bermanfaat.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

9 Komentar untuk "Cara Mudah dan Praktis Membuat Sitemap Pada Blogger"

  1. Sangat bermanfaat neh ... cuma belum paham, maksud bikin halaman baru

    BalasHapus
  2. aku ga paham, ini maksudnya apa ya kak, hihihi

    BalasHapus
  3. mau aku cobain deh di blog keluarga nawra, trim infohnya kak

    BalasHapus
  4. Pengen diajarin langsung aja ini wkwkwk.

    BalasHapus
  5. Alamak pake kode html inilah yang tuing tuinh kepala wkwkw tapi mantab infonya, penting memang site map ini

    BalasHapus
  6. Kapan-kapan kopdar ah, biar bisa langsung praktik nih,ilmunya kece eeuy

    BalasHapus
  7. kebetulan blog saya belum ada sitemapnya.. terimakasih infonya gan :)

    BalasHapus
  8. Jadi sama kaya daftar isi gitu ya?

    BalasHapus
  9. Simpel penjelasannya,akan saya coba praktikkan, tinggal salin kodenya ke halaman untuk dibikin sitemap. Tapi saya harus edit label dulu karena ada bahasan yang harus ditambahkan, keluarga atau perkawinan. Masih bimbang. Dasar banyak pertimbangan, hi hi. Nanti kalau sudah mantap menentukan pilihan akan saya coba bikin sitemap. Terima kasih. 😍👍

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink